IMPLEMENTASI LITERASI AL–QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR’AN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA AL–HUSNA
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana perencanaan pelaksanaan, strategi pengembangan, media pengembangan serta bagaimana kemampuan literasi membaca dan menulis al-qur’an siswa MIS Al-Husna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pelaksanaan literasi Al-Qur’an di MIS Al-Husna persiapan yang paling utama dilakukan oleh pihak sekolah yaitu mempersiapkan SDM yang baik serta sarana dan prasana yang memadai. (2) Strategi pengembangan literasi Al-Qur’an di MIS Al-Husna dilakukan dengan tiga waktu yaitu pagi tepatnya pukul 07:15-07:45 ketika apel pagi di lapangan sekolah, di kelas masing- masing mulai dari pukul 07:45-09:30 WIB dan di Mesjid MIS Al-Husna selama 60 menit setelah salat zuhur. (3) Media yang digunakan yaitu speker, mikrofon, papan tulis, spidol, Juz ‘Amma, buku perkembangan siswa, Al-Qur’an, iqro’, dan poster yang mengandung huruf-huruf hijaiyah. (4) Kemampuan literasi membaca dan menulis Al-Qur’an Siswa di MIS Al-Husna mengalami peningkatan dari kemampuan awal hanya 15,84 % dari seluruh jumlah siswa yang tuntas membaca Al-Qur’an kemudian meningkat menjadi 56,93 % , maka terjadi peningkatan sebesar 41,09%. Kemampuan menulis Al-Qur’an siswa semula hanya 12,87 % dari seluruh siswa kemudian meningkat menjadi 62, 37 %, maka terjadi peningkatan sebesar 49,5%.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abidin, Y. (2018). Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Damayanti, M. M. I., Damayanti, M. I., Sukartiningsih, W., & Darmawati, E. (2019). Implementation of Literacy Programs in Basic High School Class. In 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019), 99–103. Atlantis Pre.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Monalisa, F. N., Akmalia, R., Harahap, A. S. S., & Aulia, P. F. (2022). Upaya Dalam Menumbuhkan Karakter Agamis Siswa Pada Bulan Suci Ramadhan Di Madrasah Tsanawiyyah Negeri Binjai. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 206–222.
Muflihah, A., & Maksum, K. (2016). Penerapan Metode Scramble Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ski Kelas V Mi Al-Iman Sorogenen. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 6(1), 61. https://doi.org/10.21927/literasi.2015.6(1).61-75
Prasetyo, E. (2014). Gerakan Literasi Bangsa. Surabaya: Revka Petra Media.
Rauf, A. (2019). Implementasi Budaya Literasi Al-Quran Di Sma Negeri 14 Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Solehuddin. (2018). Keefektifan Program Literasi Al-Quran Dalam Kerangka Penguatan Karakter. Jakarta: Al-Bayan.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sulaiman, M. (2015). Penerapan Metode Tajdied dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas IB SD Muhammadiyah 6 Gadung. Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Tarmizi, M. (2018). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menghafal Al-Qur’an Di TPA Masjid Al Muslimin Kelurahan Pahoman Kecamatan Enggal Kota Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Widyani, N. (2016). Panduan Gerakan Literasi Di Sekolah SMK. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Zayadi, A., & Majid, A. (2005). Tadzkiyah Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Pendekatan Konstektua. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Zulfitria. (2018). Peran Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Dalam Pendidikan Karakter Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.20444
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).