PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA DAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK ISLAM NURUL AHMAD
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan efisiensi media pembelajaran busy book dalam mengembangkan bahasa dan kreativitas anak usia dini di TK Islam Nurul Ahmad. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode penelitian menggunakan pengembangan (Research and Development/ R&D) dengan pendekatan Model 4D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Islam Nurul Ahmad. Instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan kelayakan media busy book dalam mengembangkan bahasa dan kreativitas memperoleh nilai validasi dari ahli materi sebesar 87,5% dengan kategori layak dan nilai dari validator ahli media sebesar 92% dengan kategori sangat layak. Untuk praktisi produk memperoleh nilai sebesar 93% dengan kategori sangat praktris, dan untuk efektifitas media busy book diperoleh dengan metode eksperimen dengan membandingkan pretest dan posttes kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan dalam mengembangkan bahasa dan kreativitas siswa yang menggunakan media busy book pada anak usia dini yakni usia 5-6 tahun di TK Islam Nurul Ahmad.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hurlock, E. B. (2007). Perkembangan Anak (Jilid 2). Jakarta: Erlangga.
Ilyas, S. N., Amal, A., Asti, A. S. W., & Hajerah. (2021). Pengembangan Media Busy book pada Guru PAUD di Kecamatan Pattalassang Kabupaten Takalar. INOVASI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11–16.
Ngalimun. (2013). Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD.
Pito, A. H. (2018). Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur’an. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(2), 97–117.
Rizki, E., Oktariana, R., & Hayati3, F. (2021). Pengembangan Permainan Busy book Untuk Stimulasi Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun TK SAVE The Kids Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(1).
Robingatin, & Ulfa, Z. (2019). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Sleman: Ar-ruzz media.
Safitri, D., Afifulloh, M., & Anggraheni, I. (2019). Penggunaan media busy book untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok b1 di ra panglima sudirman sumbersekar dau malang. Jurnal Dewantara, 1(2), 47–56.
Samsuddin, & Akmalia, R. (2017). Tafsir Ayat-Ayat Alquran Tentang Komunikasi Pendidikan. Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(2), 95–106.
Sit, M. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Barat: PT indeks.
Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48.
Uno, H. B. dan N. L. (2016). Tugas Guru Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.20295
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).