STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI SD NEGERI 106826 DESA SIDODADI

Ricka Puspita Dewi(1*), Abdul Mukti(2), Haidir Haidir(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk akhlakul karimah siswa yang dikembangkan oleh guru PAI di SDN 106826 Desa Sidodadi Kecamatan Batang Kuis dan strategi guru PAI dalam menanamkan akhlakul karimah siswa di SDN 106826 Desa Sidodadi Kecamatan Batang Kuis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dan sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk akhlakul karimah siswa yang dikembangkan di SD Negeri 106826 yaitu amanah dan adab. Tata krama disini adalah menghormati orang tua dan guru serta menyayangi sesama. Dalam hal penanaman akhlakulkarimah pada peserta didik, guru pendidikan agama Islam dalam hal ini melakukan usaha atau tindakan sendiri dalam menanamkan nilai-nilai kebaikan pada peserta didik. Strategi yang dilakukan oleh guru adalah keteladanan dan pembiasaan, nasehat, bimbingan, motivasi dan hukuman.

 


Keywords


Strategi Guru; PAI; Akhlakul Karimah; SD

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akmalia, R. (2019). Pengaruh Perilaku Individu, Kelompok Dan Tim Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Medan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/11863/

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Budiman, M. A. (2017). Pendidikan Agama Islam. Kalimantan Selatan: Grafika Wangi Kalimantan.

Hardani, D. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuaantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Koesoema. (2010). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Maisyanah, Syafa’ah, N., & Fatmawati, S. (2020). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 12(1), 15–30.

Monalisa, F. N., Akmalia, R., Harahap, A. S. S., & Aulia, P. F. (2022). Upaya Dalam Menumbuhkan Karakter Agamis Siswa Pada Bulan Suci Ramadhan Di Madrasah Tsanawiyyah Negeri Binjai. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 206–222.

Mulyani, F. (2015). Konsep Kompetensi Guru dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen (Kajian Ilmu Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 03(01), 1–8.

Nurjaman, A. R. (2020). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Satori, D. A. K. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zaki, A., Al-Qadri, M., & Akmalia, R. (2022). Pengelolaan Kelas yang Aktif dan Menyenangkan Berbasis Karakter di Ponpes Darussaadah Kec. Pangkalan Susu. Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (IKaMaS), 2(2), 141–148. Retrieved from https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/56




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.20123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).