MANAJEMEN PEMBINAAN KESISWAAN DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA PADA SMK BISNIS DAN TEKNOLOGI BEKASI
(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menggali informasi sejauh mana langkah perencanaan, seperti apa proses pelaksanaan, bagaimana tahapan evaluasi, apa saja faktor penghambat, dan pendorong dalam upaya untuk mengembangkan kreativitas peserta didik. Lingkup atau tingkat peserta didik yang diteliti dalam penelitian ini adalah Sekolah Menengah Kejuruan. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan (descriptive research) penelitian deskriptif. Tujuan penelitian deskriftif untuk mendeskripsikan tentang suatu fenomena atau keadaan tanpa direkayasa dan dibuat-buat. Artinya, mendeskripsikan kondisi tentang suatu hal apa adanya. Hasil penelitian ini menunjukan telah dilakukannya perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dam diketahui faktor penghambat dan pendorong dalam pengembangan kreativitas peserta didik. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan memberikan manfaat dan menjadi rujukan bagi peneliti lainnya di masa mendatang dalam kajian manajemen pembinaan kesiswaan tingkat SMK di Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Bayanie, M. (2012). Hubungan Motivasi Berprestasi dan Konsep Diri dengan Sikap Kreatif. Jurnal Pendidikan Usia Dini , 7(1), 55–72.
Campbell, D. (2017). Mengembangkan Kreativitas diterjemahkan oleh A.M. Mangunhardjana. Yogyakarta: PT Kanisius.
Jazuli, Barowi, & Munasir. (2018). Manajemen Pembinaan Kesiswaan pada Peningkatan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik pada Madrasah Tsanawiyah Matholiul Huda Bugel Kedung Jepara. Intelegensia: Pendidikan Agama Islam, 6(2), 151–171.
Kajianpustaka.com. (2020). Kreativitas (Pengertian, Dimensi, Aspek, Tahapan dan Faktor yang Mempengaruhi). Https://Www.Kajianpustaka.Com/2020/07/Kreativitas.Html.
KBBI. (2023). Https://Kbbi.Kemdikbud.Go.Id/Entri/Kreativitas.
Moleong, L. J. (2019). Metode Penelitian Edisi Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mundandar, U. (2012). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 Tentang Pembinaan Kesiswaan.
Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarti, O. D. (2020). Pengembangan Kreativitas Aptitude Anak dengan Strategi Habituasi dalam Keluarga. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 5(3), 117–127.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukarna. (2011). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: CV Mandar Maju.
Sukmadinata, N. S. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Taslim, J. (2013). Hubungan Antara Minat dan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Negeri 1 Kampar Utara Kabupaten Kampar. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19739
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).