PERUBAHAN SIKAP BERAGAMA PADA REMAJA MELALUI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER

Eddy Saputra(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Remaja merupakan generasi emas yang sangat potensial, akan tetapi remaja sering memunculkan prilaku yang tidak selaras dengan Pendidikan karakter yang dipelajari. Krisis moral moral sering kali disematkan kepada generasi muda saat ini, indikatornya adalah banyaknya prilaku meyimpang yang dilakukan remaja. Pendidikan karakter yang di pelajari disekolah idealnya mampu menghantarkan remaja untuk memiliki sikap yang lebih baik, akan tetapi pada prakteknya justru bertolak belakang. Perlu adanya pemahaman yang lebih agar remaja dapat mengimplementasikan Pendidikan karakter sehingga terjadinya perubahan sikap yang jauh lebih baik. Pendidikan karakter dalam konteks keislaman lebih dikenal dengan akhlakul karimah. Motede penelitian ini mengggunakan motede kualitatif deskriptif data bisa juga bisa didapat dari sumber-sumber lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mendorong remaja memiliki keinginan yang kuat sehingga terjadinya perubahan sikap dalam beragama melalui implementasi Pendidikan karakter yang dipelajari disekolahnya.


Keywords


Perubabahan Sikap; Beragama; Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adawiyah, R. A., Tobing, C. I., & Handayani, O. Pemahaman Moderasi Beragama dan Prilaku Intoleran terhadap Remaja di Kota-Kota Besar di Jawa Barat Understanding of Religious Moderation and Intolerant Behavior towards Youth in.

Afriadi, R., & Yuni, R. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Remaja Usia Sekolahditinjau Dari Teori Pendidikan Seks. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 1(1), 23-29.

Dwi, M. S., Siahaan, A., & Neliwati, N. (2023). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Pada Siswa Pendidikan Pembentukan (Diktuk) Bintara Polri SPN Hinai Polda Sumuttesi. Research and Development Journal of Education, 9(1), 06-14.

Hamali, S. (2016). Karakteristik Keberagamaan Remaja Dalam Perspektif Psikologi. Raden Intan State Islamic University.

Hamriana, H. A. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (2), 47–64.

Hully, H., Taqiyuddin, M., & Mustahiqqurahman, M. (2021). Perkembangan Jiwa Beragama Pada Anak, Remaja Dan Orang Dewasa. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam.

Ismail, I., Basri, B., & Putri, D. P. E. (2020). Hubungan Antara Pembelajaran PAI Dalam Sistem Full Day School Dengan Perilaku Beragama Siswa (Studi Pada Siswa SMKN 1 Koba). LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, 1(2), 68-72.

Jannah, M. (2017). Remaja dan tugas-tugas perkembangannya dalam islam. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 1(1).

Moleong, L, J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosda Karya.

Nazim, A. M. (2017). [Factors of Deviation Among At-Risk Adolescents From an Islamic Perspective] Faktor Penyimpangan dalam Kalangan Remaja Berisiko dari Perspektif Islam. Jurnal Islam dan Masyarakat Kontemporari, 15(1), 1-18.

Nurhalita, N., & Hudaidah, H. (2021). Relevansi pemikiran pendidikan ki hajar dewantara pada abad ke 21. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 298-303.

Purwaningsih, N. F. N. (2010). Ketika Cinta Bertasbih: Potret Nasionalisme dan Pembangunan Karakter Bangsa. Mabasan, 4(1), 59-71.

Rizal, S. S. (2018). Perkembangan Jiwa Keagamaan pada Masa Anak-anak menurut Jalaluddin dan Zakiah Daradjat. Tarbiyat al-Aulad: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1).

Rosyidah, A. N., & Ismeirita, I. (2023). Analisis Penggunaan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik (Studi Kasus Di Smpn 20 Bekasi). Research and Development Journal of Education, 9(1), 34-44.

Rulmuzu, F. (2021). Kenakalan remaja dan penanganannya. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1).

Sarwono, S. W. (2017). Pengantar Psikologi Umum. Rajawali Press.l. 4).

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suwahyu, I. (2018). Pendidikan karakter dalam konsep pemikiran pendidikan Ki Hajar Dewantara. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 192-204.

Wahidin, U. (2017). Pendidikan karakter bagi remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03), 256-269.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.19688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).