MANAJEMEN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM TAHUN 2013 DI KABUPATEN MANDAILING NATAL
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kepala Madrasah dalam pelaksanaan kurikulum tahun 2013 di Kabupaten Mandailing Natal meliputi: Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan dan pengawasan yang dilakukan kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri dalam pelaksanaan kurikulum tahun 2013 di kabupaten Mandailing Natal. Penelitian yang dilakukan ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Tehnik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan temuan penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan kepala madrasah tsanawiyah negeri dalam pelaksanaan kurikulum tahun 2013 di kabupaten Mandailing Natal dengan merencanakan beberapa kegiatan strategis agar terlaksanakannya kurikulum 2013 secara efektif dan efisien. Adapaun kegiatan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Mandailing Natal melakukan kegiatan a) Pelatihan penerapan kurikulum 2013 (K13), b) Pengembangan kurikulum, c) Pembuatan RPP untuk satu Tahun Pelajaran, dan d) Menentukan Kompetensi Dasar dan Lulusan. Sedangkan kegiatan yang direncanakan, diorganisasikan, dilaksanakan dan diawasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Mandailing Natal adalah a) Penentuan Tujuan Pendidikan di Madrasah, b) Perumusan Disiplin dan Sanksi Terikat Peraturan Madrasah Terfokus Perihal Penerapan Kurikulum 2013 (K13) dan c) Pengembangan kurikulum. Simpulan dari penelitian ini, bahwa manajamen kepala madrasah dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di Kabupaten Mandailing Natal melakukan beberapa hal yaitu; a) Pelatihan penerapan kurikulum 2013 (K13), b) Pengembangan kurikulum, c) Pembuatan RPP untuk satu Tahun Pelajaran, dan d) Menentukan Kompetensi Dasar dan Lulusan. Sedangkan kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Mandailing Natal melakukan: a) Penentuan Tujuan Pendidikan di Madrasah, b) Perumusan Disiplin dan Sanksi Terikat Peraturan Madrasah Terfokus Perihal Penerapan Kurikulum 2013 (K13) dan c) Pengembangan kurikulum.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abdullah, A. (2021). Manajemen Kepala Sekolah dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1).
Ali, H., Sastrodiharjo, I., & Saputra, F. (2022). Pengukuran Organizational Citizenship Behavior: Beban Kerja, Budaya Kerja dan Motivasi (Studi Literature Review). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(1), 83–93.
Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembinaan Profesionalisme Guru. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 10–17.
Bahri, S. (2017). Pengembangan kurikulum dasar dan tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15–34.
Bebasari, M. (2022). 21st CENTURY EDUCATION 21st CENTURY EDUCATION. Journal Of Language Education and Development (JLed), 4(1), 44–52.
Dakabesi, E. D., & Wicaksono, L. (2022). Kepemimpinan kolaborasi kepala sekolah dalam membangun tim kinerja guru di era society 5.0. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 6(4).
Fuad, A. (2019). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Profesionalitas Guru di MA Al-Islam Kota Serang. Universitas Islam Negeri Serang Banten.
Halek, D. H. (2019). Kurikulum 2013 dalam Perspektif Filosafi. Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi, 3(2), 1–10.
Handoko, A., & Ghofur, M. A. (2020). Peran Komunikasi Didaktik, Pembelajaran Kolaborasi, dan Kinerja Guru Pada Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 41–48.
Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52–75.
Julianto, P., Samin, S., & Faizin, F. (2022). Evaluasi Penerapan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Pada Program Studi Manajemen IAIN Kerinci. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(02), 274–280.
Muryani, E., Sulistiarini, E. B., Prihatiningsih, T. S., Ramadhana, M. R., Heriteluna, M., Maghfur, I., Hastuti, P., Ahdiyat, M., Desembrianita, E., & Purnomo, A. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang: Unisma Press.
Nuraini, N., & Abidin, Z. (2020). Kesulitan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik terintegratif di sekolah dasar. Premiere Educandum, 10(1), 49–62.
Ramadhan, R., & Effendy, F. (2021). The Effect of Sport Education on the Learning Motivation of Junior High School Students in Physical Education. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 5(3), 472–481.
Sahnan, M. (2017). Urgensi perencanaan pendidikan di sekolah dasar. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 12(2), 142–159.
Salamah, U. (2018). Penjaminan mutu penilaian pendidikan. EVALUASI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 274–293.
Samsu. (2017). Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development. Jambi: Pusaka Jambi.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.
Supartoyo, S. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 dan Peran Manajer Pendidikan di Sekolah. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3).
Wulandari, Y., Sartika, E. D., & Perawati, P. (2018). Strategi kepala sekolah perempuan dalam meningkatkan mutu pendidikan. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 3(1), 126–136.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19575
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).