PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK ROLE PLAYING DI MAS AL-WASHLIYAH 22 TEMBUNG

Sahman Husein Nasution(1*), Lahmuddin Lubis(2), Abdul Aziz Rusman(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana layanan informasi dapat membantu siswa belajar lebih mandiri. Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui: (1) Penerapan layanan bimbingan kelompok role playing di MAS Al-Washliyah 22 Tembung; dan 2) Kendala yang dihadapi instruktur bimbingan dan konseling dalam melaksanakan layanan bimbingan kelompok role playing di MAS Al-Washliyah 22 Tembung. 3) Hasil yang dicapai dengan mengadakan layanan bimbingan kelompok di MAS Al-Washliyah 22 Tembung dan menggunakan strategi role playing. Jenis pemeriksaan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan cara mengumpulkan informasi menggunakan observasi, wawancara dan prosedur dokumentasi, kemudian informasi yang diperoleh diinvestigasi menggunakan reduksi data. Konsekuensi dari penelitian ini adalah penggunaan Administrasi Pengarahan menggunakan tehnik role playing ini dalam pengarahan kelompok dapat memiliki efek atau hasil yang sangat pasti untuk pengarahan dan pengarahan pendidik, yang sangat berguna untuk pekerjaan pengarahan dan pengarahan pendidik dalam mengungkap atau Mengurus permasalahan siswa, selain penggunaan role playing dalam bimbingan kelompok ternyata mempunyai efek atau hasil yang positif bagi siswa, antara lain dapat menyenangkan dan menghasilkan inspirasi untuk belajar, membuka lebih banyak pintu bagi siswa untuk menyampaikan pertimbangan mereka, menawarkan lebih banyak kesempatan untuk berbicara dan bersenang-senang karena bermain peran pada dasarnya adalah sebuah permainan. Dengan bermain siswa menjadi ceria karena bermain adalah dunianya mereka. Selain itu, ini adalah cara bagi anak-anak untuk tumbuh. kemampuannya yang sebenarnya, anak juga dapat berkomunikasi dan menyampaikan apa yang ada di dalamnya agar siswa dapat dengan leluasa menumbuhkan pertimbangan, pemikiran, dan pemikiran yang ada pada dirinya.


Keywords


Layanan Bimbingan; Bimbingan Kelompok; Teknik; Role Playing

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Batubara, Y. A., Farhanah, J., Hasanahti, M., & Apriani, A. (2022). Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling Bagi Peserta Didik. Al-Mursyid: Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan dan Konseling Islam (IKABKI), 4(1).

Chomaidi, S. (2018). Pendidikan dan pengajaran: strategi pembelajaran sekolah. (No Title).

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Popytasari, H. (2021). Teknik Role Playing dalam Bimbingan dan Konseling untuk Perilaku Bullying di Sekolah Menengah. Jurnal Fokus Konseling, 7(2), 76–89.

Pratiwi, E. P., Hanim, W., & Badrujaman, A. (2017). Pengaruh Teknik Role Playing dalam Bimbingan Kelompok terhadap Toleransi Pada Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 26 Jakarta. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 114–129.

Pratiwi, R., & Karneli, Y. (2021). Counseling with Self-Management Techniques to Improve Learning Motivations. Jurnal Neo Konseling, 3(3), 1–4.

Prayitno, dkk. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok & Konseling Kelompok yang Berhasil. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rofiq, A., & Mashuri, I. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Bustanul Makmur Genteng. MUMTAZ: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–11.

Rohman, A. (2016). Peran bimbingan dan konseling Islam dalam pendidikan. Jurnal Progress: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 4(1), 17–34.

Sitompul, D. N. (2015). Pengaruh Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role-Playing Terhadap Perilaku Solidaritas Siswa dalam Menolong Teman. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01).

Sugiartha, D. T. (2019). Pemberian Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Role Playing dalam Mengurangi Perilaku Bullying pada Peserta Didik di Kelas VII SMP N 3 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitati Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syam, S., Cecep, H., Fahmi, A. I., Chamidah, D., & Damayanti, W. K.(2021). Pengantar Ilmu Pendidikan.

Wijaya, E., Latif, S., & Widiastuti, R. (2014). Peningkatan Interaksi Sosial Menggunakan Bimbingan Kelompok. Alibkin (Jurnal Bimbingan Konseling), 3(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).