KONSELING QUR’ANI UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA DI SEKOLAH

Khilda Aini Syifa(1*), Cici Yulia(2)

(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi dari kesulitan anak anak pada masa remaja awal dalam menerima dirinya sendiri. Hal tersebut dapat dilihat dari siswa yang memiliki sikap tak acuh, rasa malas, kurang produktif bahkan sampai menutup diri. Adanya penelitian ini guna mencari tau bagaimana konsep diri siswa dengan memberikan layanan konseling Qur’ani dengan setting bimbingan kelompok mrenggunakan ayat konseling untuk meningkatkan konsep diri siswa. Penelitian dilakukan di MTsN 3 kota Tangerang, dan subyek penelitian yang diambil adalah siswa kelas IX.1 dengan total 10 siswa. Peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan model pre-experiment one grup pretest-post test design, dan menggunakan uji Wilcoxon untuk analisis non-parametrik. Dalam uji validitas peneliti menerapkan rumus Korelasi Product Moment dari 26 item pernyataan yang di uji cobakan, ada 22 item yang tersedia untuk penelitian. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menguji reliabilitas rumus yang digunakan dalam rumus Alpha-Cronbach, sedangkan pengujian hipotesis dengan menggunakan signed Wilcoxon ranks. Hasil penelitian skor pretest memperoleh rata-rata sebesar 54,6 dan posttest yang diperoleh rata-rata sebesar 61,1. Sehingga terjadi peningkatan rata-rata sebesar 6,5. Terlihat adanya peningkatan konsep diri dari hasil penelitian setelah dilaksanakannya bimbingan kelompok dengan ayat konseling.


Keywords


Konsep Diri; Bimbingan Kelompok; Ayat Konseling

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Astuti, R. D. (2015). Identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri siswa Sekolah Dasar Negeri Mendungan I Yogyakarta. Basic Education, 4(2).

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Irawan, E. (2014). Efektivitas Teknik Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja. Jurnal Bimbingan dan Konseling Psikopedagogia, 44-54.

Kemenag. (2015). Al-Qur'an dan Terjemah. Jakarta: Dharma art.

Kusdiana, E., Ad Djalali, M. A., & Farid, M. (2018). Percayaan diri, Religiusitas dan Perilaku Menyontek. Kurnal Konseling Indonesia, 37-41.

Lestari, B. P. (2019). Tingkat Konsep Diri Siswa. Skripsi.

Magiaifani. (2019). Komunikasi Antar Pribadi dan Kelompok.

Napitupulu, D. S. (2017). Dasar-dasar Konseling dalam Al-Qur'an. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 49-68.

Nengsih. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perencanaan Arah Karier Siswa SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Sleman: Literasi Media.

Ulandari, & Juliawati. (2019). Pemanfaatan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa. Indonesian Journal of Counseling and Development.

Walgito. (2014). Pengantar Psikologi Umum. Depok: Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).