IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIK DI MAN ASAHAN

Sri Rezeqi Rafiqah Wardhah Manurung(1*), Amiruddin Siahaan(2), Makmur Syukri(3), Mansur Keling(4)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(4) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam lembaga pendidikan, manajemen sumber daya manusia harus selalu dilakukan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan standar pengajaran yang diberikan oleh lembaga pendidikan tersebut. Namun, masih banyak lembaga pendidikan yang gagal mengelola sumber daya manusianya secara memadai, sehingga kualitasnya rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan jenis penelitian studi kasus subjek penelitian dengan tehnik purposive. Sebuah metode purposive digunakan untuk memilih peserta untuk penelitian. Prosedur pemilahan informasi adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan informasi model intraktif dari Miles dan Huberman. Menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknis, dan membercheck, kredibilitas data dievaluasi untuk menentukan validitasnya. Berikut ini adalah temuan penelitian: 1) Pendaftaran dan pilihan, dilaporkan secara terbuka. Panitia dibentuk pada saat rekrutmen dan seleksi pendidik dan tenaga kependidikan baru. 2) Ada beberapa prasyarat dan pilihan untuk guru baru dan staf pelatihan. 3) Evaluasi pelaksanaan mulai dari pengaturan dan pelaksanaan pengambilan, pembukaan dan penutupan realisasi, terdapat variasi dalam dorongan belajar dan mensurvei kemampuan menyimak siswa dan pendidik. Poin ini dijadikan sebagai indikator ujian presentasi yang akan berdampak pada hasil belajar di MAN Asahan agar visi dan misi madrasah tidak melayang begitu saja. Ujian Eksekusi merupakan penilaian terhadap pelaksanaan pekerjaan pendidik dalam mendidik. Jika pembelajaran cocok atau melampaui gambaran pencapaian prestasi yang menjadi fokus, pendidik telah bekerja dengan baik.


Keywords


Manajemen; SDM; Kualitas Pendidik

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ananda, R., Rafida, T., & Wijaya, C. (2017). Pengantar evaluasi program pendidikan.

Fahma, A., Mesiono, M., & Hadijaya, Y. (2021). Leading class program evaluation in improving the quality of education. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 7(02), 233–242.

Mujiman, H. (2014). Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Herman, S. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Graha Ilmu.

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Depok: Raja Grafindo Persada.

Keling, M., Suwandi, S., & Hasibuan, M. M. (2022). Manajemen Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik Di Madrasah Ibtidaiyah Al Yusufiah Kecamatan Rantau Selatan. Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 124–136.

Kodiran, K. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Kepala Sekolah/Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 8(2), 338–359. https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i2.3201

Khairani, M. (2014). Psikologi Umum. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Anwar, M. I. (2014). Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Asrori, M. (2014). Psikologi Pembelajaran. Banten: CV. Wacana Prima.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Noor, W. (2017). Mengintegrasikan Manajemen Sumber Daya Manusia di Madrasah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 153–167.

Nugrah, D. A., & Hidayati. (2022). Manajemen sumber daya manusia di man 3 solok. PRODU: Prokurasi Edukasi-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4, 90–101.

Puteri, S. M. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Studi Kasus di Madrasah pada Yayasan Ummushabri Kota Kendari). Jurnal Pemikiran Islam, 4(1), 155–168.

Sardiman A. M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo.

Sinambela, L. P. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia: Membangun Tim Kerja Yang Solid Untuk Meningkatkan Kinerja. Jakarta: Bumi Aksara.

Taufiqurrahman, M. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Pondok Pesantren Ar-Rahmah Curup, Kab. Rejang Lebong Bengkulu. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 203. https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1950

Wardani, W. K., & Marsudi, S. (2017). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Proses Pembelajaran di SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tayibnapis, W. (2014). Evaluasi Program Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Yasdar, M., & Muliyadi, M. (2018). Penerapan teknik regulasi diri (self-regulation) untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa program studi bimbingan konseling stkip muhammadiyah enrekang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(2), 50–60.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).