EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN KONSELING DI SMK PENERBANGAN PBD MEDAN
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk evaluasi program bimbingan dan konseling di SMK Penerbangan PBD Medan untuk mendukung taruna-taruni untuk penyelesaian masalahnya, pengembangan kepribadiannya, yang didukung program dan konsep manajemen bimbingan dan konseling. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi context, input, process, product (CIPP) untuk mengetahui efektifitas program bimbingan dan konseling di SMK. Penelitian yang diunakan ini adalah kualitatif, fenomenologi data di dapatkan dari wakil kepala sekolah ketarunaan. guru bimbingan dan konseling, dan taruna-taruni SMK Penerbangan PBD Medan. Hasil evaluasi Context, berada di katagori cukup baik, dengan adanya program yang sesuai dengan Regulasi, keterlibatan warga sekolah, taruna-taruninya. Hasil evaluasi Input ada di katagori cukup baik dengan pada kriteria guru BKnya belum memenuhi syarat dan sarana dan prasarana belum memadai. Hasil evaluasi Proses di katagori cukup baik masih kurang pada rancangan programnya dan belum adanya ruangan kusus bimbingan dan konseling. Hasil evaluasi Productnya berada pada katagori cukup baik pada tahapan ini program bimbingan dan konseling mampu menolong taruna- taruni dalam pengembangan diri, dan akademiknya.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ananda, R., Rafida, T., & Wijaya, C. (2017). Pengantar evaluasi program pendidikan.
Azizah, F., suraida utami, R., & fitri br ginting, H. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Program Layanan Bimbingan Dan. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 1(1).
Dahlan, syariffuddin. (2014). Bimbingan dan Konseling di sekolah konsep dasar dan landasan pelayanan. GRAHA ILMU.
Darodjat, D., & M, W. (2015). Model Evaluasi Program. Islamadina, XIV(1).
Fahma, A., Mesiono, M., & Hadijaya, Y. (2021). Leading class program evaluation in improving the quality of education. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 7(02), 233–242.
Fatchurahman, M. (2017). Konsep Dasar Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Palangka Raya: Lembaga Literasi Dayak, 146.
Gumilang, S. (2019). Pembangunan dan Evaluasi Program Layanan Bimbingan dan Konseling (Teori dan Praktik). Azizah Publishing, 11(1).
Ismaya, B. (2015). Bimbingan & Konseling studi, karier, dan keluarga. Bandung: PT Refika Aditama.
Isnaini, R. L. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Manajemen Bimbingan dan Konseling Islam. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 35–52. https://doi.org/10.14421/manageria.2016.11-03
Kartono, K. (2014). Kenakalan Remaja Patologi Sosial. Bandung: PT Rajagrafindo Persada.
KPAI, K. P. A. (2022). Kasus Perlindungan anak Januari - Desember 2022. Bank Data KPAI, https//bankdata.go.id/tabulasidata-kasus-perlindun.
Laela, F. N. (2017). Bimbingan Konseling Keluarga Dan Remaja. Surabaya: UIN Sunan Ampel Presss.
Masdudi. (2015). BIMBINGAN DAN KONSELING Prespektif sekolah. Cirebon: Nurjati Press.
Nirwana, N. (2018). Evaluasi program kerja Bimbingan Konseling di MAN 2 Model Makassar (Doctoral dissertation, Pascasarjana).
Prayitno. (2001). Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Rahmadani, R. (2021). Manajemen Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 2973–2977.
Sitorus, M. (2011). Konsep Dasar Metode Penelitian Pendidikan Islam. IAIN Press.
Syukur, Y. (2019). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah.
Widdah, M. El, & Huda, S. (2018). Manajemen Strategi Peningkatan Mutu Madrasah.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19515
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).