EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKLUSIF TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN DIFFERENSIASI PADA SEKOLAH DASAR INKLUSI

Endang Iryani(1*), Achmad Hufad(2), Isti Rusdiyani(3)

(1) (Sinta Id: 6009591) Universitas Mohammad Husni Thamrin
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Sultan Ageng Tiryasa
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran differensiasi merupakan model pembelajaran yang beroerientasi pada penggalian potensi siswa, belajar disesuaikan dengan minat dan gaya belajar disesuaikan dengan karakeristik siswa. Melalui penerapan tiga faktor utama differensiasi yaitu kesiapan siswa dalam belajar, ketertarikan siswa dalam belajar serta latar belakang siswa, model pembelajaran differensiasi bisa diterapkan pada kelas varian siswa seperti kelas inklusif. Orientasi pembelajaran differensiasi ini menjadi landasan bagi penulis untuk mengembangkan model pembelajaran inklusif yang terintegrasi differensiasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji efektivitas model pembelajaran inklusif yang terintegrasi differensiasi pada kelas inklusif. Metode penelitian yang digunakan adalah True Eksperimen one sample t-test dengan membagi dua group (kelas eksperimen dan kontrol) dengan sample yang digunakan adalah kelas 4 SDN 3 Balaraja dengan jumlah siswa sebanyak 44 siswa dengan pembagian kelas IV A berjumlah 22 siswa dan kelas IV B berjumlah 22 siswa. analisis data dilakukan dengan cara analisis uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran yang terintegrasi dengan model pembelajaran differensiasi selama 6 pertemuan menunjukan hasil signifikan. Dalam uji statisik terlihat bahwa thitung > ttabel, artinya penerapan model pembelajaran inklusif yang terintegrasi dengan pembelajaran differensiasi sangat efektif digunakan di kelas inklusif, terlihat bahwa model ini menjadikan siswa inklusif berani berpendapat dan bersosialisasi dan guru mampu menangani kelas beragam dengan menciptakan susasana belajar kondusif serta mengakomodasi setiap siswa.


Keywords


Pembelajaran Differensiasi; Differentiation Instruction; Inklusi; Sekolah Dasar; Model Pembelajaran

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amrullah, Y. A., Sasongko, T. B., Neritarani, R., & Fatkhurohman, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran dengan Differentiated Instruction Berbasis E-Learning untuk Mahasiswa dengan Hambatan Mental. In Sevanam : Jurnal Pengabdian Masyarakat (Vol. 1, Issue 2, pp. 95–105). Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar. https://doi.org/10.25078/sevanam.v1i2.1393

Andini, W. D. (2018). “ Differentiated Instruction ”: Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman Siswa Di Kelas Inklusif. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(3).

Anitra, R. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 8. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2311

Anwar, Mahrus, E., & Sukino. (2023). Implementasi Pembelajaran Diferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah Raudhatut Taufiq. Al-Munawwarah : Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 1–23.

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13 (1)(1), 95–101.

Ardiawan, I. K. N., Kristiana, P. D., & Swarjana, I. G. T. (2020). Model Pembelajaran Jigsaw Sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 57–63.

Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2021). Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa. Pendidikan, 6(2).

Celik, S. (2019). Can Differentiated Instruction Create an Inclusive Classroom with Diverse Learners in an Elementary School Setting? Journal of Education and Practice, 10(6), 31–40. https://doi.org/10.7176/jep/10-6-05

D’Intino, J. S., & Wang, L. (2021). Differentiated instruction:A review of teacher education practices for Canadian pre-service elementary school teachers. Journal of Education for Teaching, 47(5), 668–681. https://doi.org/10.1080/02607476.2021.1951603

Defitriani, E. (2018). Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa melalui Pendekatan Differentiated Instruction. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 72–76. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i2.2548

Dewi, N. K. (2017). Manfaat Program Pendidikan Inklusi Untuk Aud. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 12–19. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15657

Falah, B. N. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Siswa Dan Minat Belajar. Euclid, 6(1), 25–34. http://dx.doi.org/10.33603/e.v6i1.1226

Fatimah, A. E., Sadri, M., Hasanah, N., & Pribadi, J. (2021). SOSIALISASI PENDEKATAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION BERBASIS DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Fatimah, Ade Evi, & Purba, A. (2018). Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa (Las) Menggunakan Pendekatan Differentiated Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smk. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.30743/mes.v4i1.862

Febrianti, P. (2023). Analisis Kesulitan Guru Biologi SMAN 2 Pandeglang dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Terdiferensiasi. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 6(1), 17–24. https://doi.org/10.21009/jpi.061.03

Haris, H. B., & Khairuddin, K. F. (2021). Pelaksanaan Pedagogi Inklusif bagi Murid Berkeperluan Khas Masalah Pembelajaran. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 6(2), 197–210. https://doi.org/10.47405/mjssh.v6i2.666

Ismajli, H., & Imami-Morina, I. (2018). Differentiated Instruction: Understanding and Applying Interactive Strategies to Meet the Needs of all the Students. In International Journal of Instruction (Vol. 11, Issue 3, pp. 207–218). Modestum Publishing Ltd. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11315a

Magableh, I. S. I., & Abdullah, A. (2020). On the Effectiveness of Differentiated Instruction in the Enhancement of Jordanian Students’ Overall Achievement. International Journal of Instruction, 13(2), 533–548. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13237a

Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. (2020). Model Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Orthopedagogik, 1(3), 17–3.

Muhibbin, M. A., & Hendriani, W. (2021). Tantangan Dan Strategi Pendidikan Inklusi di Perguruan Tinggi di Indonesia: Literature Review. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(2), 92. https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n2.p92-102

Muliani, R. (2022). Mengatasi Hambatan Pembelajaran Berdiferensiasi: Tips dan Trik untuk Guru. Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–14.

Mulyawati, Y., Zulela, M., & Edwita, E. (2022). Differentiation Learning to Improve Students Potential in Elementary School. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 68–78. https://doi.org/10.55215/pedagonal.v6i1.4485

Novita, L., Sukmanasa, E., & Yudistira Pratama, M. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Journal of Primary Education, 3(2), 66. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/22103/10859

Parra, V., Rodríguez Orejuela, J. A., & Mosquera, L. H. (2018). Promotion of Differentiated Instruction through a Virtual Learning Environment. Revista Folios, 47. https://doi.org/10.17227/folios.47-7404.

Pertiwi, Kartika Eka. (2021). Efektivitas Pendekatan Differentiated Instruction Dalam Proses Pembelajaran. Ta’lim, 3(2), 21–34. http://www.journal.uml.ac.id/TL/article/view/474

Setiyo, A. (2022). Penerapan pembelajaran diferensiasi kolaboratif dengan melibatkan orang tua dan masyarakat untuk mewujudkan student’s well-being di masa pandemi. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 61–78. https://doi.org/10.26877/bioma.v11i1.9797

Smale-Jacobse, A. E., Meijer, A., Helms-Lorenz, M., & Maulana, R. (2019). Differentiated Instruction in Secondary Education: A Systematic Review of Research Evidence. Frontiers in Psychology, 10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02366

Suwastini, K. A. (2021). Differentiated Instruction for Efl Classroom. TELL-US Journal.

Tomlinson, Ann, C., B. & N. (2008). The Differentiated School; Making Revolutionary Changes in Teaching and Learning. ASCD.

Tomlinson, C. A. (2017). Differentiated Instruction. In Fundamentals of Gifted Education (pp. 279–292). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315639987-26

Triana, H. (2021). Pembelajaran Kalkulus Differensial Menggunakan Modul Dengan Pendekatan Differentiated Instruction. In Mathematic Education And Aplication Journal (META) (Vol. 3, Issue 1, pp. 41–47). Universitas Borneo Tarakan. https://doi.org/10.35334/meta.v3i1.2078

Trimurtini, Kusma Mahanani, F., Bektiningsih, K., Sismulyasih, N. S., & Nugraheni, N. (2023). Penerapan IEP (Individualized Education Program) dengan. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 696–704. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3616

Wahyuni, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).