EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK SMPN 231 JAKARTA

Dina Febriana Pratika(1*), Asni Asni(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom untuk meningkatkan interaksi sosial peserta didik kelas VIII SMP Negeri 231 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode kuantitatif eksperimen, dengan menggunakan desain eksperimen one group pre-test dan post-test. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket skala likert. Subjek yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari 10 orang sebagai sampel. Data yang telah terkumpul di analisis menggunakan analisis Wilcoxon Signed Rank Test secara deskriptif untuk menguji perubahan interaksi sosial siswa sebelum dengan sesudah dilakukannya bimbingan kelompok teknik homeroom. Ada beberapa siswa yang sebelum pemberian layanan bimbingan kelompok suka memilih-milih teman, menyendiri dan kurang interaktif. Skor rata-rata sebelum menerima layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom adalah 78,7 dan setelah menerima layanan bimbingan kelompok teknik homeroom adalah 124,4, peserta didik mengalami peningkatan sebesar 45,7. Hasil penelitian ini menemukan bahwa layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik homeroomefektif untuk meningkatkan interaksi sosial peserta didik.

 


Keywords


Interaksi Sosial; Bimbingan Kelompok; Teknik Homeroom

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ariani, E. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Program Semester Melalui Bimbingan Kelompok di SD Negeri 07 Mancuang Kecamatan Baso. Journal on Education, 04(03), 1052–1059.

Azizah, N., & Murtafi’ah, A. (2021). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas Vii Mts Roudlotun Nasyiin Mojokerto. International Conference on Islamic Educational Guidance and Counseling, 218–227.

Hidayat, H. (2022). Efektivitas Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Interaksi Sosial Siswa di SMAN 2 PAMEKASAN. Institut Agama Islam Negeri Madura.

Masdudi. (2015). Bimbingan dan Konseling Persprektif Sekolah. Cirebon: Nurjati Press.

Pertiwi, N. P., Sumarwiyah, & Hidayati, R. (2019). Peningkatan Kepekaan Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Home Room Pada Siswa. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(2), 124–132.

Prayitno, Afdal, Ifdil, & Ardi, Z. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Bogor: Ghalia Indonesia.

Riansyah, H., & Wulandari. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 47–52.

Ridha, M., & Akbar, Z. (2020). Implementasi Teknik Home Room Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Melatih Kepercayaan Diri Siswa Sma Negeri 1 Sitolu Ori Nias Utara. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 180–197.

Sandy, A. (2018). Pengaruh Interaksi Sosial Dalam Belajar Terhadap Prestasi Belajar ( Studi pada warga belajar program kejar paket C di PKBM “Cerdik” Kota Tasikmalaya ). Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Siregar, S. H. (2020). Efektivitas Teknik Homerome Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Di Smp It Al-Ikhsan Boarding School Kecamatan Siak Hulu. Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.

Soekanto, S. (2017). Sosiologi Suatu Pengantar. Jogja: Penerbit Rajawali.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).