IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN DI SEKOLAH YAYASAN PENDIDIKAN ANAK CACAT (YPAC) MEDAN

Ahmad Dai Robby(1*), Nurussakinah Daulay(2), Makmur Syukri(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah YPAC Medan masih terbatas pada sarana dan prasarana serta tenaga kependidikan dalam melayani ABK namun YPAC Medan masih mampu melakukan manajemen terhadap para eksekutif secara ideal dan mencapai prestasi baik akademik maupun non akademik, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarakan dan membedah mempelajari siklus manejemen yang diselesaikan oleh kepala dan wakil kepala sekolah yang meliputi pengaturan para eksekutif, pelatihan dewan, dan penilaian dalam pelaksanaan manejemen pengganti di YPAC Medan. Jenis penelitian yang digunakan pencipta adalah jenis penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan informasi manejemen ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi para ilmuwan dengan pengurus sekolah, wakil wali murid, wali kelas dan murid di YPAC Medan. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Menurut penelitian lapangan, manajemen kebutuhan khusus siswa di YPAC Medan berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan dan berjalan dengan baik. Ini dibuktikan dengan kegiatan manajemen perencanaan, seperti melakukan analisis kebutuhan dan menyusun program kegiatan sekolah, manajemen pembinaan, yang melibatkan pelatihan kedisiplinan siswa melalui kegiatan kepramukaan, dan penyediaan layanan khusus kepada siswa sesuai dengan kebutuhan mereka.


Keywords


Implementasi; Manajemen; Pendidikan; Anak Berkebutuhan Khusus

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ali, M. K., & Sukardi, S. (2021). Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Kejuruan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 161.

Badrudin. (2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta: Indeks.

Bahri, D. S., & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, S., Siahaan, A., Hadijaya, Y., & Keling, M. (2023). The Relationship Between Professional Commitment and Work Motivation on Elementary School Teachers’ Performance. Jurnal Basicedu, 7(1), 905–913.

Fahma, A., Mesiono, M., & Hadijaya, Y. (2021). Leading class program evaluation in improving the quality of education. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 7(02), 233–242.

Hasan, A. (2017). Manajemen kepala sekolah dalam pembinaan kompetensi guru diSekolah Menengah Pertama (SMP) Namira Medan (Doctoral dissertation, Pascasarjana UIN-SU).

Hermino, A. H. S. (2014). Kepemimpinan pendidikan di era globalisasi. Pustaka Pelajar.

Keling, M., Suwandi, S., & Hasibuan, M. M. (2022). MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU TENAGA PENDIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL YUSUFIAH KECAMATAN RANTAU SELATAN. Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 124–136.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Setianingsih, E. S. (2018). Layanan Bimbingan dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendekatan Islam Di Kelas Inklusi. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 2(2).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitati Dan R&D (Sutopo (ed.); II). Alfabeta.

Sulistyorini. (2014). Manajemen Pendidikan Islam Konsep, Strategi dan Aplikasi. Teras.

Wijaya, C. (2016). Dasar- Dasar Manajemen. Medan: Perdana Publishing.

Yunita, E. I., Suneki, S., & Wakhyudin, H. (2019). Manajemen pendidikan inklusi dalam proses pembelajaran dan penanganan guru terhadap anak berkebutuhan khusus. International Journal of Elementary Education, 3(3), 267–274.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).