EFEKTIVITAS TERAPI MAAF DALAM PENERIMAAN DIRI SISWA SEBAGAI KORBAN PERCERAIAN ORANG TUA DI SMA NEGERI JAKARTA TIMUR

Oktriani Ersan(1*), Cici Yulia(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi dengan kesulitan dalam penerimaan diri para remaja yang merupakan korban perceraian orang tua nya, hal tersebut dapat dilihat dari remaja yang kurang mendapatkan cinta, kasih dan sayang dari orang tua nya sehingga menimbulkan sulit merasa puas terhadap diri sendiri, sulit dalam menerima kritikan orang lain, sulit memiliki kemandirian, dan sulit menghargai diri sendiri. Oleh karena itu, peneliti mengambil tindakan dengan melakukan layanan terapi maaf yang berfokus kepada penerimaan diri dengan memaafkan atau berdamai kepada diri sendiri ataupun orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan terapi maaf dalam meningkatkan penerimaan diri kepada remaja dengan menggunakan quasy eksperimen dengan jenis one group pretest-posttest. Sampel yang diambil yaitu 10 siswa yang merupakan siswa di SMA Negeri Jakarta Timur berdasarkan pada pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian skor pretest memperoleh rata-rata sebesar 93,6 dan posttest yang diperoleh rata-rata sebesar 125,6. Sehingga terjadi peningkatan rata-rata sebesar 32. Dapat disimpulkan bahwa layanan terapi maaf efektif untuk meningkatkan penerimaan diri para remaja.


Keywords


Penerimaan Diri; Perceraian; Terapi Maaf

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hurlock, E. B. (2014). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (5 ed.). Jakarta: Erlangga.

Nurhasnah. (2021). Hubungan Keharmonisan Keluarga Dengan Konsep Diri Siswa. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 2(1), 15-21.

Permatasari, V., & Gamayanti, W. (2016). Gambaran Penerimaan Diri (Self-Acceptance) pada Orang yang Mengalami Skizofrenia. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 139-152.

Priyono, L. D., & Anni, C. T. (2018). Pengaruh Kondisi Keluarga dan Self Acceptance Terhadap Kepercayaan Diri Remaja. Indonesian Journal Of Guidance And Counseling : Theory and Application, 7(1), 30-36.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Syamsul, B. (2019). Dampak Perceraian Terhadap Tumbuh Kembang Anak di Kabupaten Gorontalo. Jurnal Of Public Administration Studies, 2(1), 11-23.

Yudha, I. B., & Hizkia, D. (2017). Dinamika Memaafkan Pada Korban Pelecehan Seksual. Jurnal Psikologi Udayana, 4(2), 435-447.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).