ANALISIS FAKTOR RENDAHNYA LITERASI SISWA DI KELAS 4 SDN SUSUSKAN 03 PAGI

Nabilla Zahra(1*), Nurrahmatul Amaliyah(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author

Abstract


Literasi adalah suatu kegiatan yang sangat penting diimplementasikan pada sektor Pendidikan, karena inisiatif tersebut mampu untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam membaca. keaksaraan peserta didik yang memiliki kaitan erat mengenai dunia keterampilan membaca, kemudian di kelas 4 SDN Susukan 03 Pagi dan minat baca siswa di kelas 4 masih tergolong rendah dan dapat memberikan dampak buruk terhdap dunia pendidikan. Sumber data yang akan diperoleh menggunakan metode kualitatif deskripsi dengan menggunakan metode penelitian wawancara, dokumentasi, observasi dan angket. Narasumber wawancara penelitan ini dilakukan dengan guru, kepala sekolah, dan siswa dan angket diberikan untuk seluruh siswa di kelas 4. Teknik analisis data yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang berguna untuk menunjukkan bahwa apa faktor rendahnya literasi siswa di kelas 4 SDN Susukan 03 Pagi. Uji keabsahan data pada penelitian kualitatif ini menggunakan triangulasi tekni, triangulasi sumber, dan triangulasi teori. Selain mengetahui apa saja penyebab rendahnya literasi siswa, penelitian ini juga menganalisis mengenai minat siswa dalam literasi.


Keywords


Literasi; Siswa; Faktor Rendahnya Literasi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adawiyah, R., & Suaedah, S. (2022). Pola Asuh Orang Tua Pada Minat Belajar Siswa Di Smpn 15 Kota Bekasi. Research And Development Journal Of Education, 8(2), 808-812.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.

Al Fajar, B. (2019). Analisis penanaman kemampuan literasi siswa sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 1, No. 1, pp. 74-79).

Dewi, M. S., Fajriyah, K., & DS, A. C. (2021). Analisis implementasi literasi membaca di keluarga terhadap prestasi siswa sd negeri kebanggan. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(2), 266-272.

Elendiana, M. (2020). Upaya meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54-60.

Fikriyah, F., Rohaeti, T., & Solihati, A. (2020). Peran orang tua dalam meningkatkan literasi membaca peserta didik sekolah dasar. DWIJA CENDEKIA: jurnal riset pedagogik, 4(1), 94-107.

Guspianto, G., Ibnu, I. N., & Hidayati, F. (2020). EFEKTIFITAS EDUKASI PENYAKIT MENULAR KECACINGAN MELALUI MEDIA EDUKATIF (GAMEBOARD DAN VIDEO EDUKASI) PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA JAMBI.

Lisnawati, I., & Ertinawati, Y. (2019). Literat Melalui Presentasi. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1).

Ruslan, R., & Wibayanti, S. H. (2019). Pentingnya meningkatkan minat baca siswa. In prosiding seminar nasional program pascasarjana universitas pgri palembang.

Samsudin, S. (2019). Pentingnya peran orangtua dalam membentuk kepribadian anak. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 50-61.

Sholihah, M., & Amaliyah, N. (2022). Peran Guru Dalam Menerapkan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 898-905.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).