PENGARUH EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TATAP MUKA PASCA COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs MIFTAHUL AMAL

Aditya Cantika Fauzan(1*), Nadia Rista(2)

(1) 
(2) Universitas Panca Sakti Bekasi
(*) Corresponding Author

Abstract


Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji Pengaruh Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka Pasca Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Di MTs Miftahul Amal. Untuk memperoleh data dipergunakan instrumen Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka dalam bentuk kuesioner (Angket). Metode dalam penelitian ini ialah kuantitatif pendekatan deskriptif, dan diambil sampel sebesar 83 siswa kelas VIII MTs Miftahul Amal. Berdasarkan jumlah populasi maka penulis memutuskan untuk menggunakan jenis sampling non-probabilitas menggunakan sampel jenuh. Adapun teknik analisis yaitu regresi linear sederhana yang diolah menggunakan SPSS versi 26 for windows. Pada analisis data diketahui hasil analisis uji koefisien determinasi pada tabel Model Summary, Nilai R-square (koefisien determinasi sebesar 0,146 berarti pengaruh variabel bebas pada variabel terikat sebesar 14,6%. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel efektivitas pengajaran di kelas setelah Covid-19 memiliki pengaruh 14,6% terhadap hasil belajar siswa. Sehingga 85,4% lainnya dipengaruhi oleh indikator lain yang tidak ada pada penelitian ini.


Keywords


Pembelajaran Tatap Muka; Covid-19; Hasil Belajar; Pelajaran IPS

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdullah, M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Marhayani, D. A. (2018). Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran IPS. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan dan Sains, 5(2), 67-75.

Nur, Z. (2022). Efektivitas Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19 Di MTs Negeri 1 Makassar. Educandum: Volume 8 Nomor 1 .

Nurmala, D. A. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1), 1-10.

Pane, A. &. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Pattanang, E. L. (2021). Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Pada Smk Kristen Tagari. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 113-120.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal pendidikan usia dini, 9(1).

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).