PENGGUNAAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MELATIH BERPIKIR KREATIF SISWA

Septiana Ika Ningtyas(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kurikulum merdeka yang dicanangkan saat ini pembelajaran yang biasanya terfokus pada guru dan tarpaut pada kemampuan kognitifnya menjadi pembelajaran yang fokus pada keaktifan siswa dan guru sebagai fasilitator sedangkan kemudahan teknologi saat ini membuat anak kecanduan pada permainan yang ada pada smartphone yang membuat proses berpikir menjadi terhambat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melatih siswa untuk berpikir kreatif melalui media yang menyenangkan, yaitu board game. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana menggunakan key informan sebagai pengambilan data primer serta observasi dan catatan lapangan sebagai data sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah siswa PAUD yang diberikan boardgame sebagai media pembelajaran jauh lebih interaktif dan banyak bercerita, penggunaan boardgame dilakukan berkala sehingga siswa dapat menikmati proses belajar dengan lebih mudah kemudian media pembelajaran boardgame seperti monopoli yang digunakan di PAUDQU Al-Banna lebih efektif digunakan ketimbang dengan pembelajaran menggunakan penjelasan di meja saja. Proses berpikir kreatif siswa saat penggunaan boardgame lebih jelas terlihat, dengan aturan sederhana yang dibuat siswa tetap patuh terhadap aturan tersebut dan juga berjiwa besar dan berani jika tiba gilirannya melakukan tantangan serta siswa diberikan hak untuk mengungkapkan, berekspresi dan juga menunjukkan keinginannya yang terkadang lain dari biasanya namun disitulah proses berpikir kreatif terbentuk.

 


Keywords


Board Game; Berpikir Kreatif; Media; Pembelajaran Siswa Aktif

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Azhar, A. (2016). Media Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo.

BPS. (2023). Anak Usia Dini di Indonesia Sudah Main Ponsel. Data Indonesia.Id.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gavamedia.

Harriman. (2017). Berpikir Kreatif. Journal of Chemical Information and Modelling, 9(1), 689–699.

Kultu. (2015). The Effect of Perdue Model Based Science Teaching on Creative Thinking. International Journal of Education and Research , 3(3), 589–600.

Limantara, D., Waluyanto, H. D., & Zacky, A. (2015). Perancangan Board Game Untuk Menumbuhkan Nilai Nilai Moral Pada Remaja. Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra, 1(6).

Maulana, P., & Asmarani, R. (2021). Development of Board Game Media in Art Culture and Craft Learning at 5th Grade of Elementary School. IJPSE : Indonesian Journal of Primary Science Education, 2(1), 99–106. https://doi.org/10.33752/ijpse.v2i1.2083

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mufida, A. & Abidin, M. R. (2021). Perancangan Boardgame sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia 6-10 Tahun. Barik , 2(2), 44–59.

Nasution, P. R., Surya, E., & Syahputra, E. (2015). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Konvensional di SMPN 4 Padang Sidempuan. Paradikma, 8(3).

Ratih, F. T. & Ningsih, N. A. (2017). Using a Board Game “Snake and Lader” to Teach Speaking Descriptive Text at The Eight Grade Students of SMPN 2 Wungu. Journal Of English Literature Languange and Education, 5(1).

?ener, N., Türk, C., & Ta?, E. (2015). Improving Science Attitude and Creative Thinking through Science Education Project: A Design, Implementation and Assessment. Journal of Education and Training Studies, 3(4). https://doi.org/10.11114/jets.v3i4.771

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syifa, F. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tanga Terintegrasi Asmaul Husna Pada Pembelajaran Tematik. UIN.

Tajeddin, Z., & Tabatabaei, S. (2016). Concept Mapping as a Reading Strategy: Does It Scaffold Comprehension and Recall? In The Reading Matrix: An International Online Journal, 16(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).