PENGARUH KESEHATAN MENTAL TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 20 BEKASI

Lestari Lestari(1*), Nadia Rista(2)

(1) Universitas Panca Sakti Bekasi
(2) Universitas Panca Sakti Bekasi
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kesehatan mental berpengaruh terhadap efektivitas belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 20 Bekasi. Untuk memperoeh data digunakan instrumen berupa angket kesehatan mental dan efektivitas belajar dalam bentuk skala sikap model Likert. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan menggunakan teknik proportionate random sampling, dengan jumlah sampel 200 orang siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Bekasi. Penelitian ini menghasilkan bahwa kesehatan mental berpengaruh secara signifikan terhadap efektivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bekasi. Kondisi kesehatan mental yang buruk berdampak pada efektivitas belajar mereka terutama pada mata pelajaran IPS. Siswa yang mengalami masalah kesehatan mental cenderung menunjukkan kinerja belajar lebih rendah, kesulitan dalam konsentrasi, dan motivasi belajar yang menurun.

 

 


Keywords


Kesehatan Mental; Efektivitas Belajar; Ilmu Pengetahuan Sosial

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Fatimah. (2019). Pengaruh Kesehatan Mental terhadap hasil belajar pendidikan agama islam di SMP Piri Jati Agung. UIN Raden Intan Lampung.

Fitria, D., Mila, L., Siti, A., Renita, Dasmini, & Safrudin. (2021). Meta-Analisis Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Julnal Simki Economic, 4(2).

Hamzah, B, Nurdin, M. (2015). Belajar dengan pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Hawla, N. A., Afrinaldi, A., Kamal, M., & Rahmi, A. (2022). Pengaruh Kesehatan Mental terhadap Efektivitas Belajar Siswa di SMAN 2 Koto Baru Dharmasraya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8574-8581.

Hidayat, D. R., Herdi. (2017). Bimbingan Konseling : Kesehatan Mental di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prabowo, I. K. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas 1 SDN Kalikuning 3 Kecamatan Tulakan. STKIP PGRI Pacitan.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini UNJ, Vol (9) No (1).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, S. (2018). Kesehatan Mental Dalam Perspektif Psikologis dan Agama. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).