EFEKTIVITAS TEKNIK BIBLIOTERAPI DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN INTERPERSONAL ANAK REMAJA YAYASAN SEDEKAH MULIA INDONESIA

Silvia Rahmasela(1*), Fitniwillis Fitniwillis(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author

Abstract


Membangun hubungan interpersonal seseorang tidak hanya melibatkan penyampaian isi pesan tetapi juga menentukan tingkat kedekatan antar individu. Remaja yang memiliki komunikasi interpersonal yang kurang baik akan mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitar mereka. Hal ini sering kali menyebabkan tingkat komunikasi interpersonal menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Teknik Biblioterapi dalam membangun hubungan interpersonal pada anak remaja di Yayasan Sedekah Mulia Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif pra-eksperimental dengan desain one group pre-test post-test design. Subjek penelitian terdiri dari remaja yang berada di Yayasan Sedekah Mulia Indonesia. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dan dari 30 anak remaja di Yayasan Sedekah Mulia Indonesia, dipilih 7 orang remaja sebagai subjek penelitian dengan persentase 46,7% memiliki tingkat komunikasi interpersonal yang rendah. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji statistik non-parametrik, yaitu uji wilcoxon. Hasil uji wilcoxon juga diperkuat dengan analisis persentase peningkatan komunikasi interpersonal. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, ditemukan bahwa hipotesis diterima, yang menunjukkan adanya peningkatan komunikasi interpersonal yang signifikan setelah penerapan teknik biblioterapi. Skor pre-test subjek masuk dalam kategori rendah, tetapi setelah menerima teknik biblioterapi, skor post-test subjek meningkat menjadi kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknik biblioterapi efektif dalam membangun hubungan interpersonal pada anak remaja di Yayasan Sedekah Mulia Indonesia.


Keywords


Teknik Biblioterapi; Hubungan Interpersonal; Remaja

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Bahfiarti, T. (2020). Komunikasi Interpersonal: Aplikasi Dalam Riset. Makassar: Unhas Press.

DeVito, J. A. (2015). The Interpersonal Communication Book. Pearson. https://books.google.co.id/books?id=iUyxoQEACAAJ

Devito, J. A. (2016). Essentials of Human Communication. Pearson. https://books.google.co.id/books?id=zBr_sgEACAAJ

Djerubu, D., Kremer, H., Mustikarani, I. K., Herdhianta, D., Ardyanti, D., Agustina, T. S., Rizqi, M., Tonapa, E., Dewi, N. N. S. A., & Wardani, R. W. K. (2022). Pengantar Ilmu Komunikasi. Pradina Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=Y-B1EAAAQBAJ

Dyatmika, T. (2021). Ilmu Komunikasi. Yogykarta: Zahir Publishing.

Gainau, M. B. (2015). Perkembangan remaja dan problematikanya. Jatisempurna: PT Kanisius.

Indriati, N. (2017). Komunikasi Interpersonal Dalam Lingkungan Panti Asuhan Walisongo. Kinesik, 4(1).

Purwanto, E. (2015). Pengaruh bibliotherapy terhadap psychological well-being perempuan lajang. CALYPTRA, 4(1), 1–26.

Sari, V. N., Mudjiran, M., & Yusri, Y. (2014). Permasalahan yang Dihadapi oleh Anak Panti Asuhan di Kota Padang dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 2(1), 43–48.

Suparyo, Y. (2011). Biblioterapi, kekuatan penyembuhan lewat pengetahuan. Web. kombinasi. net/Biblioterapi kekuatan-penyembuhan-lewat pengetahuan. pdf.

Syafwar, F. (2017). EFEKTIFITAS BIBLIOTHERAPY DALAM PENCEGAHAN TINDAKAN BUNUH DIRI. PROCEEDING IAIN Batusangkar, 1(1), 96–105.

Tasijawa, F. A., Kurniawan, R. A., & Aliyudin, N. (2021). Penerapan Biblioterapi Dalam Kesehatan Jiwa: Scoping Review. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 4(2), 52–58. https://doi.org/10.52774/jkfn.v4i2.76

Zuhara, E. (2015). Efektivitas teknik sosiodrama untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa (penelitian kuasi eksperimen kelas X di SMA Kartika Siliwangi 2 Bandung Tahun Ajaran 2013/2014). JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 80–89.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).