PENERAPAN FILM ANIMASI NUSSA DAN RARA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK

Salsabila Januar Putri(1*), Ainun Nadlif(2)

(1) Universias Muhammadiyah Sidoarjo
(2) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilangsungkan pada siswa kelas 1D MIN 1 Pasuruan yang dilatarbelakangi observasi awal yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata hasil test ulangan harian siswa yaitu 70,5. Rata-rata nilai tersebut masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Hal ini menunjukkan adanya hasil belajar siswa menurun pada materi adab belajar di mata pelajaran akidah akhlak. Oleh sebab itu, media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah film animasi Nussa dan Rara dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, dan mengetahui motivasi belajar siswa di kelas 1D MIN 1 Pasuruan melalui penerapan media film animasi Nussa dan Rara pada materi berkata baik, berperilaku jujur serta rukun iman. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklusnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi serta refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 1D MIN 1 Pasuruan yang berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah data kualitatif.

 


Keywords


Film Animasi; Media Pembelajaran; Akidah Akhlak

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313-5327.

Cholifah, T. N., & Saputro, G. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Vidam (Video Animasi) Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas 3 SD. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 2(2), 120-130..

Demillah, A. (2019). Peran film animasi nussa dan rara dalam meningkatkan pemahaman tentang ajaran islam pada pelajar SD. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 106-115.

Febriani, E. A., Astriani, D., & Qosyim, A. (2022). Penerapan media video animasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa materi tekanan zat cair. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 10(1), 21-25.

Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93-97.

Julia, M. (2021). Program Studi Komunikasi Dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta 1442 H / 2021 M.

Langga, F. H., Ahmad, H. A., & Mansoor, A. Z. (2020). Representasi Islami dalam animasi “Nussa” sebagai media pembelajaran untuk anak. Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi, 16(2), 125-133.

Malik, L. A., & Maunah, B. (2023). Penggunaan Video Animasi Dalam Pembelajaran IPS Guna Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Viii Di MTS Miftahul Huda Ngunut Tulungagung. Journal of Creative Student Research, 1(4), 238-255.

Natika, F. (2022). Penggunaan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Peserta Didik Di Smpn 19 Surabaya.

Noviyanti, N. (2022). Penerapan Nilai-nilai Akhlak pada Film Animasi Nusa dan Rara terhadap pembentukan karakter peserta didik kelas 3 SD Negeri 4 Kota Parepare (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).

Nur, R. D. (2022). Penerapan Metode Tilawati pada Kecepatan Membaca al-Qur’an di TPQ Nurul Huda Sidoarjo.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika

Rahayu, P. (2021). Hubungan pembelajaran akidah akhlak dan perilaku siswa. Journal of Nusantara Education, 1(1), 9–18.

Rozik, A., Hasan, A., Fatkhurohim, J., Shyfa, R., Fatimah, S., & Subarkah, I. (2023). Tarbi : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Tarbi : Jurnal Ilmiah Mahasiswa. 2(55), 359–371.

Ruswandi, A., & Mahyani, A. (2022). Analisis Permasalahan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. In International Conference On Islam, Law, And Society (INCOILS) 2021 (Vol. 1, No. 1, pp. 95-106).

Safitri, A. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri 3 Ranomeeto. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(1). https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i1.4139

Sayekti, O. M. (2019). Film Animasi “nussa dan rara episode baik itu mudah” sebagai sarana penanaman karakter pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 164-171.

Sidoarjo, M. (2023). Asatiza : Jurnal Pendidikan. 4(2), 125–136.

Sulfemi, W. B. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(1).

Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234–237.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).