PENGEMBANGAN E-BOOK BERBANTUAN BOOK CREATOR PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD

Nandia Putri Madina(1*), Zulherman Zulherman(2)

(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author

Abstract


Teknologi sudah semakin berkembang, untuk itu guru dalam melaksanakan pembelajaran perlu membuat media pembelajaran digital yang berbentuk E-book. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengikuti model ADDIE. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan E-book materi sistem peredaran darah manusia dengan bantuan Book Creator yang berkualitas baik dari segi validitas, kepraktisan, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner dan tes. Produk yang dihasilkan akan dilakukan validasi terlebih dahulu oleh ahli materi, media dan bahasa sebelum diujicobakan. Hasil yang diperoleh saat uji validasi dan kepraktisan mendapatkan rata-rata nilai 86,43% dan 90,20% dengan kriteria valid dan sangat praktis. E-book yang dikembangkan juga cukup efektif untuk peningkatan hasil belajar siswa, yang terbukti dari nilai N-Gain Skor sebesar 57.11%. Dengan demikian, E-Book berbantuan Book Creator pada materi sistem peredaran darah manusia layak digunakan, praktis dan cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD.


Keywords


E-Book; Book Creator; Sistem Peredaran Darah; Manusia; Hasil Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andaresta, N. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis STEM Pada Materi Ekosistem Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa [Development of STEM-Based E-Books on Ecosystem Materials to Practice Students’ Scientific Literacy Skills]. BioEdu, 10(1), 635–646. Retrieved from https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p635-646

Aprillianti, P., & Wiratsiwi, W. (2021). Pengembangan E-book Dengan Aplikasi Book Creator pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masayarakat, 6(1), 80–88. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM

Asmuni. (2020). Jurnal Paedagogy : Jurnal Paedagogy : IkanJurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendid, 7(4), 281–288. Retrieved from https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy

Bahri HS, S., Adnan, A., & Idris, I. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Sistem PeredaranDarah Manusia Berbasis Flipbook untuk Meningkatkan Kesadaran Metakognitif Siswa SMA Negeri 3 Makassar. Biology Teaching and Learning, 2(1). https://doi.org/10.35580/btl.v2i1.10810

Budiharti, A., Utaminingsih, S., & Ismaya, E. A. (2022). Development of Blood Circular System E-Module Human Based on Science Assisted Flip Pdf Professionals for Improving Concept Understanding Class V Elementary …. Uniglobal Journal of Social …, 1, 59–67. Retrieved from https://ujssh.com/index.php/ujssh/article/view/21%0Ahttps://ujssh.com/index.php/ujssh/article/download/21/23

Dewi, C. (2021). The Development E-Book Balancing Ecosystem Based on Education Character for Students’ Elementary School. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 83–95. Retrieved from https://doi.org/10.25217/ji.v6i2.1208

Fikrah, Z., & Sukma, E. (2022). Pengembangan bahan ajar digital menggunakan aplikasi book creator pada pembelajaran tematik terpadu di kelas iv sdn 12 air sikambing kabupaten pesisir selatan. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 1184–1198. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/5328

Fransiska, M., Kesumawati, N., & Nurmilasari, N. (2022). Pengembangan E-Book Berbasis PMRI Materi Perkalian Bilangan Bulat Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4 (1), 8–22. Retrieved from https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.2800

Gusmilarni, G., Al Anshori, F., & Yunus, N. M. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBANTUKAN APLIKASI ANYFLIP PADA MATERI SISTEM KOORDINASI SISWA KELAS XI. 7(2), 224–235.

Hapsari, P. P. & Zulherman. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva pada Pembelajaran IPA. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 6(1), 22–29. https://doi.org/10.24905/psej.v6i1.43

Harahap, H. S. (2019). Pengembangan Media Ajar Interaktif Biologi Berbasis Macromedia Flash Dalam Komputer Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 5(2), 54–66. https://doi.org/10.36987/jpbn.v5i2.1356

Jannah, M., Prasojo, L. D., & Jerusalem, M. A. (2020). Elementary School Teachers’ Perceptions of Digital Technology Based Learning in the 21st Century: Promoting Digital Technology as the Proponent Learning Tools. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 7(1), 1. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7i1.6088

Lieung, K. W., Rahayu, D. P., & Yampap, U. (2021). Development of an interactive e-book to improve student’s problem solving. Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 8–15. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/29814/18069

Nizaar, M., Haifaturrahmah, H., Abdillah, A., Sari, N., & Sirajuddin, S. (2021). Pengembangan Modul Tematik Berbasis Model Direct Intruction dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6150–6157. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1792

Palupi, R., Putri, E., & Mukmin, A. (2022). Pengembangan E-book menggunakan Aplikasi BookCreator berbasis QR Code pada Materi Ajar Siswa Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 78–90. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.123

Perdana, M. A., Sidabutar, M., & Sungkono. (2020). Developing Interactive Learning Multimedia for Blood Circulatory System Materials for Elementary School Students. 511(Yicemap 2019), 128–135. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201221.028

Purwanita, Y., Riyanto, Y., & Suyanto, T. (2019). The Influence of Multimedia Assisted Inquiry Learning Methods on My Heroes Theme of Critical Thinking Skills and Learning Outcomes of Class IV Students ofElementary School. International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP), 9(7), p9169. https://doi.org/10.29322/ijsrp.9.07.2019.p9169

Rahmaniyah, A., Hanifah, N., & Sunaengsih, C. (2023). DEVELOPMENT OF THE E-BOOK " KNOWING HISTORY AROUND US " TO INCREASE INTEREST IN LEARNING HISTORY IN ELEMENTARY SCHOOL. 9(1), 40–51. Retrieved from https://doi.org/10.31949/jcp.v9i1.3653

Raihan, S., Haryono, & Ahmadi, F. (2018). Development of Scientific Learning E-Book Using 3D Pageflip Professional Program. Innovative Journal Of Curriculum and Educational Technology, 7(1), 7–14. Retrieved from https://doi.org/10.15294/ijcet.v7i1.24793

Rodi’ah, S. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbantu Media Book Creator Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar. Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(2), 23–35. https://doi.org/10.51178/ce.v2i2.225

Rusdiana, N. P. M., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). E-Book Interaktif Materi Siklus Air pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45180

Setiawati, L., Sunandar, A., Zidni, M., Nafi, I., & Yunus, M. (2023). Development of Android-Based Mobile Learning on Ecosystem Materials to Increase the Interest in Learning Elementary School Students. (2016), 45–51. Retrieved from http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v8i1.15663

Wardani, R. K., & Syofyan, H. (2018). Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 371. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16154

Yulaika, N. F., Harti, H., & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flip Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n1.p67-76

Zulherman, Z. (2018). The Development of High School Physics Learning Module on Wave Subject. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(2), 143–148. https://doi.org/10.30998/formatif.v8i2.2305.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).