PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK WINAYA LOKA DEPOK

Muhamad Rifki Maulana(1), Nur Amega Setiawati(2*)

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penerapan teknologi informasi dan komunikasi di SMK Winaya Loka Depok terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini melibatkan satu variabel dependen dan satu variabel independen sebagai faktor spesifik. Variabel independen adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, sedangkan variabel dependen adalah keinginan siswa untuk belajar. Populasi penelitian terdiri dari 57 siswa dari SMK Winaya Loka Depok, yang ditentukan melalui observasi dan dokumentasi yang dilakukan pada tahap awal penelitian. Sampel penelitian menggunakan pendekatan non-probabilitas dengan sampel jenuh dan tingkat kesalahan 5%. Setelah melakukan uji statistik dengan menggunakan program SPSS, hipotesis penelitian diterima karena nilai signifikansi sebesar 0,530 lebih besar dari 0,05 yang menunjukkan bahwa penggunaan teknologi informasi berdampak pada motivasi belajar siswa.


Keywords


Teknologi Informasi dan Komunikasi; Motivasi Belajar; SMK

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agustina, M. T., & Kurniawan, D. A. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Perseptual, 5(2), 120. https://doi.org/10.24176/perseptual.v5i2.5168

Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.7739

Dewi, K., Sunarsi, D., & Rizka, I. (2020). Dampak Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Minat Belajar Siswa Di SMK Ganesa Satria Depok. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(4). https://doi.org/10.6027/9789289349116-7-en

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Harahap, L. (2019). PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 375–381.

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622

Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 4(1), 179–185. http://www.yourdictionary.com/library/reference/word-definitions/definition-of-technology.html.

Permadi, A., Purtina, A., & Jailani, M. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 16–21. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i1.2071

Sardiman. A. M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Press.

Worang, N. A., Mintjelungan, M. M., & Takaredase, A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Desain Multimedia Interaktif Siswa Smk. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 241–250. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1347.

Yona, N., & Asril, D. (2020). Analisa Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1799–1805. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/655.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.18398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).