EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF SISWA SMPN 103 JAKARTA

Afifah Azzahra Qurrota A’yun(1*), Asni Asni(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author

Abstract


Siswa adalah bagian penting dari lembaga pendidikan. Setiap siswa diharap  untuk bertindak positif, memiliki kepribadian yang baik, memiliki karakter yang kuat yang tidak dipengaruhi oleh orang lain, dan memiliki gagasan yang baik, jika tidak tegas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran dalam menurunkan agresi pada siswa kelas VIII-9 SMP Negeri 103 Jakarta tahun ajaran 2023. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yang sesuai dengan sifat penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-experimental dengan desain single group pretest and posttest design. Dari hasil tersebut, dari 36 item yang ada, 31 item tersedia untuk penelitian. Populasi penelitian berjumlah 32 orang siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yang disebut purposeful sampling. Sampel terdiri dari 10 siswanya. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menguji reliabilitas rumus yang digunakan dalam rumus Alpha-Cronbac, sedangkan pengujian hipotesis digunakan pada teknik analisis data penelitian ini. Pengujian hipotesis dengan menggunakan signed Wilcoxon ranks dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran dapat mengurangi perilaku agresif siswa kelas VIII SMP Negeri 103 Jakarta.


Keywords


Perilaku Agresif; Bimbingan Kelompok; Role Playing

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anggraeni, D. (2022). Metodologi Penelitian Kesehatan. Mojokerto: STIKes Majapahit.

Einsten, G., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Orangtua Dengan Perilaku Agresif Siswa/siswi Smk Yudyakarya magelang. Jurnal Empati, 491-502.

Eliani, J., Yuniardi, M. S., & Masturah, A. N. (2018). Fanatisme dan perilaku agresif verbal di media sosial pada penggemar idola K-Pop. Psikohumaniora: Jurnal penelitian psikologi, 59-72.

Ferdiansa , G., & Neviyarni, S. (2020). Analisis perilaku agresif siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 8-12.

Gunawan, I. M., Hartati, A., & Mulachela, F. S. (2020). Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Perilaku Agresif Siswa di SMKN 4 Mataram. Jurnal Paedagogy.

Hamalik, O. (2014). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. (2018). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Indrawan, R. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Surabaya : Refika Aditama.

Majid , A. (2015). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maningrum, R. A., & Syarafuddin, H. M. (2018). Pengaruh Teknik Role Playing Terhadap Kecemasan Belajar pada Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Praya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 198-205.

Nengsih. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perencanaan Arah Karier Siswa SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling.

Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Jakarta: Salemba Medika.

Ormrod, J. E. (2016). Pisikologi Pendidikan: membantu siswa tumbuh dan berkembang. Jakarta: Erlangga.

Sarwono, S. W. (2015). Teori-teori psikologi sosial. Jakarta: Rajawali Pers.

Setiawan, E. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kamus versi online/daring (dalam jaringan). Diambil kembali dari http://kbbi.web.id/agresif

Ulandari, Y., & Juliawati, D. (2019). Pemanfaatan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1-8.

Walgito, B. (2014). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : Andi Offset.

Wiradimaja, A. (2016). enerapan Value Clarification Technique (VCT) Model Role Playing dalam mata pelajaran IPS untuk menekan perilaku bullying siswa di SMP Negeri 4 Bandung. . Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 182-187.

Yani, A. L., & Retnowuni, A. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku agresif pada remaja yang tinggal di Pesantren. Journal Of Holistic Nursing Science, 36-43.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.18383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).