PENGEMBANGAN E-BOOK BERBANTUAN FLIP PDF CORPORATE EDITION PADA MATERI GAYA DAN ENERGI UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Nadiah Basna(1*), Zulherman Zulherman(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka
(*) Corresponding Author

Abstract


Media pembelajaran memiliki dampak yang sangat besar bagi siswa dalam mempelajari sesuatu. Sehingga diperlukan inovasi baru dalam pembelajaran berbasis teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji kelayakan ebook berbantuan Flip PDF Corporate Edition pada materi gaya dan energi di kelas empat sekolah dasar. Studi ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan model ADDIE. Produk di divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli Bahasa. Kemudian diuji coba pada siswa kelas IV dengan teknik pengambilan data yaitu angket respon siswa. Penelitian dilaksanakan di SDN Cijantung 02 dan SDN Cempaka Putih Barat 03. Hasil validasi dari ahli media diperoleh nilai rata-rata aspek penilaian adalah 81,11% dengan kriteria “Sangat Layak”, Dari penilaian ahli materi dan bahasa diperoleh nilai rata-rata 93,33% dengan kriteria “Sangat Layak”. Produk akhir dari penelitian ini ialah e-book materi gaya dan energi untuk siswa kelas IV SD berbantuan Flip PDF Corporate Editionlayak digunakan dengan uji coba kelompok besar dan kelompok kecil, masing-masing menunjukan hasil 90,75% dan 82,60% di kategori “Sangat Baik”.

 


Keywords


E-book; Flip PDF; Corporate Edition, Gaya; Energi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Gusmawati, M., & Montessori, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 3147–3155. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2524

Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1237

Hariawan, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Ebook Pada Pelajaran TIK Untuk Siswa Kelas VII MTs Hidayatussibyan Nw Sangkerang. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 9, 1–23. https://e-journal.undikma.ac.id

Jannah, M., & Julianto, J. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Digestive System Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 254798.

Malik, A. S. (2021). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Dan Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(Vol 11 No 1). https://doi.org/10.23969/pjme.v11i1.3731

Mulia, L. P., & Lena, M. S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Creative Problem Solving (CPS) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu untuk siswa kelas IV SD. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 138–142. https://doi.org/10.30653/003.202172.174

Nasrulloh, I., & Ismail, A. (2018). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbasis Ict. Jurnal Petik, 3(1), 28. https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.355

Oktaviara, R. A., & Pahlevi, T. (2019). Kvisoft Flipbook Maker Assisted E-Module Development Based on Scientific Approach on Materials Applying Operations for Class X OTKP 3 SMKN 2 Blitar Word Processing Applications. Journal of Office Administration Education, 7(3), 60–65. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/29542

Rahman, R. A. & Lena, M. S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Corporate Edition Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 100–101. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v8i1.10552

Ramadhani, R., & Fitri, Y. (2020). Validitas E-Modul Matematika Berbasis EPUB3 Menggunakan Analisis Rasch Model. Jurnal Gantang, 5(2), 95–111. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2535

Silmi, M. Q., & Rachmadyanti, P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Tentang Persiapan Kemerdekaan Ri Sd Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 06(04), 486–495.

Subiyantoro, E. (2014). Menapak di Era Digital dengan Memasyarakatkan Buku Digital. http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/index.%0Aphp/menuutama/teknologiinformasi/1114-eko-subiyantoro.

Tompo. (2017). Cara Cepat Membuat Buku Digital Android. Kec. Pakis: MATsNUEPA PUBLISHING.

Zuhri, M. S., & Rizaleni, E. A. (2016). Pengembangan Media Lectora Inspire Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Sma Kelas X. Pythgoras, 5(2), 113–119.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.18367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).