PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 DEPOK

Nanda Helmalia Putri(1*), Nuraini Nuraini(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol diri terhadap prokrastinasi akademik pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Depok. Skala kontrol diri dan skala prokrastinasi akademik digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Dalam penelitian ini, jenis instrumen yang digunakan adalah angket dalam penelitian ini. Metode penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif asosiatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari variabel (X) kontrol diri terhadap variabel (Y) prokrastinasi akademik. Populasi pada penelitian ini sebanyak 437 peserta didik dari 11 kelas dengan rata-rata ukuran kelas adalah 40 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode simple random sampling. Karena jumlah subjek lebih dari 100 yaitu 437 peserta didik dari kelas VIII SMP Negeri 8 Depok maka dipilih sampel 10% sehingga total responden dari kelas VIII adalah 81 responden. Kuesioner atau instrumen pengumpulan data lainnya tentang pengaruh kontrol diri terhadap prokrastinasi akademik di kalangan peserta didik ada total 49 pernyataan item instrumen yang membentuk kuesioner. Dalam survei untuk menilai kontrol diri dan prokrastinasi akademik menggunakan Skala Guttman. Hasil penelitian menunjukan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak dengan taraf signifikansi 0.0001 0.05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kontrol diri terhadap prokrastinasi akademik pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Depok.


Keywords


Pengaruh; Kontrol Diri; Prokrastinasi Akademik

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aisy, D. F. (2021). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMAN 1 Kedungwuni . Journal of Guidance and Counseling, 157.

Annisa (2017). Hubungan Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Psikologi yang Mengerjakan Skripsi di Universitas Medan Area.

Asri, D. N. (2018). Prokrastinasi Akademik; Teori Dan Riset Dalam Perspektif Pembelajaran Berbasis Proyek Dan Self-Regulated Learning.

Bussolaro. (2021) Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMAN 1 Kerumutan Kabupaten Pelalawan, Pesquisa Veterinaria Brasileira, 173-180.

Fajarwati, S. (2015) Hubungan antara Self control dan Self efficacy dengan Prokrastinasi Akademik pada mahasiswa BK UNY yang sedang menyusun skripsi. Jurnal Psikologi Prndidikan dan Pendidikan. Vol. 8 No. 4.

Gufron, R. (2014). Hubungan Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik. Malang.

Nashruddin. (2018). Increasing The Students’motivation In Reading English Materials Through Task-Based Learning (Tbl) Strategy (A Classroom Action Research at the First Year Students of SMP Dirgantara Makassar). Journal of Pedagogy, 1(1).

Sarasti, C. A. (2015). Hubungan Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi Akademik siswa SMAN 1 pariangan. Ekp, 1576-1580.

Sirois, P. (2016). Procrastination, health, and well- being. United Kingdom: Elsevier Inc. Academic Press.

Solomon, R. S. (2013). Academic Procrastination: Frequency and Cognitive-Behavioral Correlates. Journal of Counseling Psychology.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.18175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).