PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP DWI WARNA JAKARTA BARAT

Zulfah Aulia Rahmah(1*), Nuraini Nuraini(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah bahwa siswa tertentu di SMP Dwi Warna Jakarta Barat tidak terlibat dalam pembelajaran mandiri. Dengan memberikan layanan bimbingan dan konseling, termasuk layanan bimbingan kelompok, hal ini dapat dihindari. Untuk siswa SMP Dwi Warna Jakarta Barat tahun ajaran 2022–2023, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kapasitas kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Dwi Warna Jakarta Barat. Dalam penelitian ini, menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-experimental menggunakan pendekatan one-group pretest-posttest design. Purposive sampling digunakan untuk mengumpulkan data dari 15 siswa peserta penelitian, dengan jumlah sampel 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori tinggi (100%) terdiri dari 10 siswa dari sebelumnya 10% dengan 1 siswa, sedang kategori (0%) terdiri dari 0 siswa dari sebelumnya 60% sebanyak 6 siswa, dan kategori rendah (0%) yaitu terdiri dari 0 siswa dari sebelumnya 30% dengan jumlah 3 siswa. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa layanan bimbingan kelompok di SMP Dwi Warna Jakarta Barat dapat membantu siswa kelas VIII untuk menjadi pembelajar yang lebih mandiri.


Keywords


Bimbingan Kelompok; Kemandirian Belajar; Eksperimen

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agazarian, Y. M., & Peters, R. (2018). The visible and invisible group: Two perspectives on group psychotherapy and group process. New York: Routledge.

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Malm, B. (2020). On the complexities of educating student teachers: Teacher educators’ views on contemporary challenges to their profession. Journal of Education for Teaching, 46(3).

Narti, Sri. (2014). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Ajaran Islam Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Nurhayati, E. (2017). Penerapan Scaffolding Untuk Pencapaian Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika. 3(1): 21-26.

Prayitno, dkk. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Bogor: Ghalia Indonesia.

Romlah, Tatiek. (2006). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rusman. (2014). Model - Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.18076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).