ANALISIS MISKONSEPSI PADA BUKU IPAS KELAS V KURIKULUM MERDEKA

Novi Laila Rahmadhani(1*), Nanda Dwi Rohmah(2)

(1) STKIP Muhammadiyah OKU Timur
(2) STKIP Muhammadiyah OKU Timur
(*) Corresponding Author

Abstract


Kesalahan konsep dalam proses pembelajaran dapat berasal dari berbagai faktor, seperti peserta didik, pendidik, buku pelajaran, isi materi, maupun strategi pengajaran yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bentuk-bentuk miskonsepsi yang terdapat dalam buku Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas V Kurikulum Merdeka yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada tahun 2021. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis sejumlah konsep yang berpotensi membingungkan siswa. Kajian ini dilakukan melalui metode studi pustaka dengan menelaah berbagai sumber literatur relevan. Teknik pengumpulan data mencakup observasi dan dokumentasi terhadap isi buku. Objek utama penelitian adalah buku teks IPAS kelas V yang digunakan dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan adanya dua kategori miskonsepsi yang ditemukan dalam buku tersebut. Pertama, overgeneralization, yaitu ketika suatu gagasan hanya menggambarkan sebagian dari konsep IPA secara tidak menyeluruh. Kedua, oversimplification, yaitu ketika konsep disederhanakan secara berlebihan hingga mengaburkan atau menyimpangkan makna aslinya. Miskonsepsi oversimplification ditemukan pada konsep "cahaya merambat lurus", Sedangkan overgeneralization muncul pada topik-topik seperti penyakit influenza, sistem pencernaan manusia, gangguan penglihatan seperti rabun dekat dan rabun jauh, serta konsep bahwa cahaya dapat menembus benda bening. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar pendidik dan peserta didik melengkapi pembelajaran dengan sumber lain untuk memperkaya pemahaman konsep yang benar.


Keywords


Miskonsepsi; Buku IPAS; Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arisanti, D. A. K. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243–250. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386.

Arif, M. Badrus S., Dewi, N. D. L., Darmayanti, V., & Nurdianasari, N. (2024). Analisis Miskonsepsi Gaya Gesek Pada Buku Bse Kelas 4 Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 8(1), 729–738. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V8i1.7157.

Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu. 7(1), 523–534, https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566.

Kemdikdasmen. (2021). https://buku.kemdikbud.go.id.

Marieb, E. N., & Hoehn, K. (2018). Human anatomy & physiology. Pearson.

Pratiwi, A. (2022). Analisis Peran Guru Dalam Aktvitas Belajar Pada Materi Pelajaran IPA Kelas V Di SDIT Muhammadiyah Alkausar Gupang Tahun Pelajaran 20222023.

Purwaningrum, I., & Anatri Desstya, S. T. (2021). Analisis Miskonsepsi IPA Pada Buku Siswa Kelas IV Tema 7 Tahun 2017 Karya Henny Kusumawati (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Putri, R. E., & Subekti, H. (2021). Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains Analisis Miskonsepsi Menggunakan Metode Four-Tier Certainty Of Response Index:Studi Eksplorasi Di SMP Negeri 60 Surabaya. 9(2) 2252–7710 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index.

Rusmawan, U. (2019). Teknik penulisan tugas akhir dan skripsi pemrograman. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sari, L. N., & Bintang, P. (2022). Konsep sistem pencernaan pada manusia berdasarkan Al-Quran dan Hadits. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 244–251. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.13222.

Sarlina, S. (2015). Miskonsepsi Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X5 SMA Negeri 11 Makasar. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(2), 194–209. https://doi.org/10.24252/mapan.2015v3n2a5.

Suparno,P.(2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta:PT Gramedia Widiasarana.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.17985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.