PERILAKU PHUBBING MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING ANGKATAN 2019 DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA
(1) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
(*) Corresponding Author
Abstract
Seiring berjalannya waktu, kemajuan teknologi yang semakin pesat dan sengit persaingannya tidak dapat dihindari dari kehidupan sehari-hari. Majunya teknologi perlahan-lahan mengalami perkembangan berbanding lurus dengan semakin majunya wawasan yang dimiliki manusia. Segala gagasan yang ada terus berkaitan dengan keseluruhan sisi kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan guna melihat seberapa besar perilaku phubbing mahasiswa. Penelitian ini memperlakukan satu variabel yaitu sebagai variabel dependen. Pengumpulan data secara primer dilaksanakan memakai kuesioner dengan 100 responden memakai pendekatan purposive sampling. Penelitian yang dilaksanakan berupa deskriptif memakai metode kuantitatif pada 100 responden dari Prodi BK UHAMKA. Teori Chotpitayasunondh & Douglas ialah teori yang dipakai selama penelitian berlangsung. Teknik analisis data memakai Analisis Univariat dengan mean, median, modus, standar deviasi, skor tertinggi dan skor terendah. Hasil ini memperlihatkan adanya perilaku phubbing dalam proses interaksi sosial mahasiswa di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Program Studi Bimbingan dan Konseling di UHAMKA. Sebagai saran diharapkan pihak Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Program Studi Bimbingan dan Konseling supaya memberikan perhatian lebih terhadap berbagai unsur yang bisa menyebabkan terganggunya interaksi sosial mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Adisty, N. (2022). Mengulik Perkembangan Penggunaan Smartphone di Indonesia. Goodstats.
Annur, C. M. (2022). Kepemilikan Ponsel di Indonesia Melonjak 68% dalam 1 Dekade Terakhir. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/08/kepemilikan-ponsel-di-indonesia-melonjak-68-dalam-1-dekade-terakhir
Chotpitayasunondh, V., & Douglas, K. M. (2016). How “phubbing” becomes the norm: The antecedents and consequences of snubbing via smartphone. Computers in Human Behavior, 63, 9–18. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.05.018
Chotpitayasunondh, V., & Douglas, K. M. (2018). Measuring phone snubbing behavior: Development and validation of the Generic Scale of Phubbing (GSP) and the Generic Scale of Being Phubbed (GSBP). Computers in Human Behavior, 88, 5–17. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.06.020
Daeng, I. T. M., Mewengkang, N. ., & Kalesaran, E. R. (2017). Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. E-Journal “Acta Diurna,” 6(1), 1–15. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/15482
Karada?, E., Tosunta?, ?. B., Erzen, E., Duru, P., Bostan, N., ?ahin, B. M., Çulha, I., & Babada?, B. (2015). Determinants of phubbing, which is the sum of many virtual addictions: A structural equation model. Journal of Behavioral Addictions, 4(2), 60–74. https://doi.org/10.1556/2006.4.2015.005
Kibona, L., & Mgaya, G. (2015). Smartphones’ Effects on Academic Performance of Higher Learning Students. Journal of Multidisciplinary Engineering Science and Technology, 2(4), 3159–40. www.jmest.org
Munatirah, H., Anisah, N., & Si, M. (2018). Intensitas penggunaan smartphone terhadap perilaku phubbing. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(1), 1–14.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Suyadi, S. (2018). Diferensiasi Otak Laki-laki dan Perempuan Guru Taman Kanak-kanak Aisyiyah Nyai Ahmad Dahlan Yogyakarta: Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Perspektif Gender dan Neurosains. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 13(2), 179. https://doi.org/10.21580/sa.v13i2.2927.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.17939
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).