PENDIDIKAN HATI SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN SISWA BERKARAKTER DI MTs AL JAUHAROTUNNAQIYAH DALIRAN KOTA CILEGON – BANTEN
(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(3) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Pendidikan hati (tarbiyatul qolb) ialah upaya sadar dan sistematis yang difokuskan untuk mengembangkan potensi-potensi hati, mengarah pada pembentukan karakter siswa melalui proses secara berkesinambungan baik oleh individu maupun orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan strategi dan pelaksanaan pendidikan hati di MTs Al-Jauharotunnaqiyah Daliran. Adapun informan pada penelitian ini ialah Kepala Sekolah, Wakabid Kesiswaan, Waka Kurikulum, dan tiga siswa dari masing-masing kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisa dengan menggunakan teknik interkatif Miles dan Huberman. Selanjutnya, dilakukan uji keabsahan data menggunakan teknik Triangulasi sumber dan teori. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa MTs Al-Jauharotunnaqiyah Daliran melakukan program pembentukan karakter berbasis pendidikan hati berlandaskan pada nilai utama karakter prioritas penguatan pendidikan karakter siswa Permendikbud: religius, nasionalis, integritas, gotong royong, dan mandiri. Hal ini memberikan keyakinan kuat bagi sekolah bahwa keberhasilan lembaga pendidikan Islam bermula pada karakter yang tertanam dalam diri siswa serta dukungan dari lingkungan keluarga, masyarakat, dan lembaga pendidikan melalui proses yang bekesinambungan dikemas secara integratif. Ada tiga tahap strategi pendidikan hati, yaitu: 1) Prakondisi, pada tahap ini meliputi proses mengidentifikasi keadaan hati siswa. 2) Forming atau proses pembentukan, tahapan ini mencakup pembiasaan siswa melatih hati mereka merenungkan dampak negatif dari perilaku buruk. 3) Pemeliharaan, dalam tahap ini lebih memfokuskan pada menjaga agar hati tetap dalam keadaan baik. Dalam pelaksanaanya menggunakan strategi kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi persuasif, dan peningkatan kinerja.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Cholik, A. A. (2015). Relasi Akal dan Hati Menurut Al-Ghazali. Jurnal Kalimah, 13(2).
Creswell, J. W., & Wekke, I. S. (2020). Berpikir Seperti Peneliti Kualitatif. osf.io. https://osf.io/hft76/download
Fadhilaturrahmi, Ananda, R., & Yolanda, S. (2021). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Era 4.0 Pada Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
Rulmuzu, F. (2021). Kenakalan Remaja dan Penanganannya. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(Januari), 5–24.
Hasdiana, U. (2018). Pendekatan Behavioristik Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja. Jurnal Pencerahan, 12(2), 150–171.
Hasyim, M. (2020). Pendidikan Hati Perspektif Al-Ghazali Dalam Kitab Ihya’ Ulum Al-Din. Al-Idaroh, 1(2), 274–282.
Hawwa, S. (2006). Tazkiyatun Nafs: Kajian Lengkap Penyucian Jiwa, Intisari Ihya Ulumuddin. In Pena Pundi Pustaka.
Hidayati, N. (2019). Inovasi Pendidikan Akhlaq Berbasis Manajemen Qolbu di MI Sunan Kalijogo Wolutengah Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Premiere, 1(1), 103–122.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2008). Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Khojir, K. (2021). Materi Alat dan Metode Pembelajaran Dalam Sistem Pendidikan Islam di Era Digital. El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies. http://journal.uinsi.ac.id/index.php/el-Buhuth/article/view/4084
Lastri, S., Hayati, E., & Nursyifa, A. (2020). Dampak Kenakalan Remaja Untuk Meningkatkan Kesadaran Dari Bahaya Kenakalan Remaja Bagi Masa Depan. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 2(1), 15. https://doi.org/10.32493/jls.v2i1.p15-24
Nasir, M. N. (2015). Qalbu, Hati Dan Pendidikan Menurut Pandangan Alam Barat Dan Pandangan Alam Islam. International Research Management & Innovation Conference (IRMIC 2015).
Munir, M. (2019). Membingkai kepribadian Ulul albab generasi Milenial. TaLimuna: Jurnal Pendidikan Islam. https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/talimuna/article/view/147
Nata, A. (2017). Politik Pendidikan Agama di Sekolah: Studi Tentang Polemik Pendidikan Agama dalam UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Repository.Uinjkt.Ac.Id. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52757
Neni, N. (2021). Inovasi Strategi Pembeajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatakna Mutu Pembelajaran. Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Kreatifitas/article/view/242
Prasanti, D., & Karimah, K. El. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Keagamaan dalam Membentuk Komunikasi Keluarga Islami di Era Digital. In INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial …. scholar.archive.org. https://scholar.archive.org/work/ezdjqfkmvna3vlbfxgb4xqzw6i/access/wayback/https://inferensi.iainsalatiga.ac.id/index.php/inferensi/article/download/1134/pdf
Ridhahani. (2021). Dimensi-dimensi Pendidikan Agama Islam (Ridhahani (Ed.)). Maghza Pustaka Margomulyo, Rt 07 Rw 04 Tayu-Pati 59155.
Rochim. (2017). Konsep Pendidikan Jasmani, Akal, dan Hati Perspektif Hamka. PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam, 12(2), 50.
Rosyidah, A. N. (2023). Analisis Penggunaan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Research and Development Journal Of Education, 9(1), 34–44. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.13839
Siregar, R. L. (2016). Al-Af’idah dan Qulub serta Kaitannya dengan Pendidikan. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(1), 100–109. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(1).1514
Suherniati, A., & Afifah, M. K. (2021). Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran di Era Digital. Teori Komunikasi Dalam Praktik. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=bco5EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA98&dq=pendidikan+islam+era+digital&ots=ZB-54whn04&sig=RMyzrLpkeZ5ZDuReGknj0sijUP8
Suparlan. (2015). Mendidik Hati Membentuk Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suparlan. (2016). Pendidikan Hati Perspektif Al-Qur’an Menuju Pembentukan Karakter.
Suyudi, M., & Putra, W. H. (2022). Implementation of Islamic Education Based on Religious Moderation Through Tri Dharma Activities at Islamic Religious College. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan. http://journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/1553
Syafei, I., Asyha, A. F., & Latifah, N. (2020). The Cultivation of Traditional Islam by the Indonesian Islamic Boarding School (Pesantren) in the Digital Era. 1st Raden Intan International …. https://www.atlantis-press.com/proceedings/riicmusss-19/125946272
Syahbudin, A. (2017). Konsep Pendidikan Hati Ahmad Fahmi Zamzami. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 15(1). https://doi.org/10.18592/khazanah.v15i1.1132
Syakhroni. (2018). Hamka Da Pendidikan Qolbu Dalam Tasawuf Modern. http://repository.radenintan.ac.id/6036/1/SYAKRONI - 1786108069.pdf
Tjukup, I. K., Putra, I. P. R. A., Yustiawan, D. G. P., & Usfunan, J. Z. (2020). Penguatan Karakter sebagai Upaya Penanggulangan Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency). Kertha Wicaksana, 14(1).
Tohidi, A. I. (2017). Konsep Pendidikan Karakter Menurut Al-Ghazali Dalam Kitab Ayyuha Al-Walad. OASIS : Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 2(1), 14–27.
Wahyudi, M. (2016). Konsep Dasar Pendidikan Dalam Al- Qur’an. El - Banat Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6.
Yatim, A. S. (2019). Konsep Manajemen Qalbu Menurut Syaikh Amru M. Khalid Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Pendidik Dan Peserta Didik (Vol. 45, Issue 45).
Zukry, N. S. I., & Zabidi, A. F. M. (2021). Pendidikan Hati Dalam Membina Akhlak Manusia. Jurnal Wacana Sarjana, 5(2), 1–11.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.17306
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).