DAMPAK BUDAYA K-POP TERHADAP TINGKAT MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

Titin Supriyatin(1*), Syafa’atun Syafa’atun(2), Dwi Aprillia Setia Asih(3), Avini Nurazhimah Arfa(4)

(1) Universitas Indrapasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu budaya yang sangat terkenal saat ini adalah Korean popular atau sering disebut K-Pop. Budaya tersebut kini sangat digemari dari banyak kalangan, terutama anak kecil, remaja dan dewasa, termasuk mahasiswa. Berdasarkan fenomena tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan yaitu untuk mengetahui sejauh mana pengaruh budaya K-Pop terhadap motivasi belajar para mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang didukung oleh sumber data primer yaitu dengan wawancara dari 10 responden atau partisipan tentang aktivitas K-Pop yang mereka lakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya K-Pop membawa dampak yang positif terhadap motivasi belajar mahasiswa salah satunya adalah budaya K-Pop memberikan mood yang baik kepada mahasiswa saat sedang belajar,K-Pop memberikan semangat tersendiri bagi para mahasiswa, mahasiswa lebih termotivasi dalam meraih cita-cita untuk bisa melanjutkan kuliah di luar negeri. Budaya K-pop juga membuat membawa dampak yang negatif bagi mahasiswa yaitu mahasiswa lebih boros dalam hal pengeluaran uang yang digunakan untuk membeli aksesoris yang berhubungan dengan K-Pop serta lebih boros kuota karena digunakan streaming untuk mendukung idola mereka ketika sang idola mengeluarkan Music Video(MV) ataupun album.

 


Keywords


Budaya K-Pop; Motivasi; Belajar; Mahasiswa

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amroshy, Afidatul Ulum. (2014). Hegemoni Budaya Pop Korea pada Komunitas Korea Lovers Surabaya (KLOSS). Paradigma, 2(3).

Reeves. (2014). Drama Korea dan budaya popular. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(3).

Dewi, Ni Luh Putu Kristina, Gama, Agus Wahyudi Salasa, & Astiti, Ni Putu Yeni. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Hedonisme, Dan Pendapatan Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa UNMAS. EMAS, 2(3), 74–86.

Emda, Amna. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal 5(2).

Gifary, Sharen. (2015). Intensitas penggunaan smartphone dan perilaku komunikasi (Studi pada pengguna smartphone di kalangan mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Telkom). Jurnal Sosioteknologi, 14(2).

Hidayatulloh, Agung. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa. Economic Education, 3(4). 145–159.

Juliantini, Maghfira Fitra. (2021). Ketimpangan Gender di Layar Perak: Representasi Perempuan di Film Terlaris Indonesia. Umbara, 6(2), 78–93.

Nawawi, M. I., Anisa, N., Syah, N. M., Risqul, M., Azisah, A., & Hidayat, T. (2021). Pengaruh Tayangan K-Drama (Korean Drama) terhadap Motivasi Belajar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4439-4447.

Nisrina, Dzakkiyah, Widodo, Incka Aprillia, Larassari, Indah Bunga, & Rahmaji, Fikri.(2020). Dampak konsumerisme budaya Korea (Kpop) di kalangan mahasiswa fakultas ilmu sosial universitas negeri Malang. Jurnal Penelitian Humaniora, 21(1), 78–88.

Prihatiningsih, Witanti. (2017). Motif penggunaan media sosial instagram di kalangan remaja. Communication, 8(1), 51–65.

Putri, L. A. (2020). Dampak Korea Wave Terhadap Prilaku Remaja Di Era Globalisasi. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 42-48.

Sugihartati, Rahma. (2017). Budaya populer dan subkultur anak muda: Antara resistensi dan hegemoni kapitalisme di era digital. Surabaya: Airlangga University Press.

Yenti, et all. (2022). Pengaruh Tayangan Drama KoreaItaewon Class Terhadap Motivasi Menjadi Entrepreneurship.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.17145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).