PENGARUH LITERASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA

Ari Wahyu Leksono(1), Albertus Maria Setyastanto(2), Rendika Vhalery(3*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Data BPS tahun 2022 pada bulan agustus menunjukkan bahwa tingkat pengangguran di Indonesia mencapai 5,86% atau sebanyak 8,4 juta orang menganggur. Angka pengangguran ini mengalami peningkatan apabila dibandingkan dengan periode-periode sebelumnya. Salah satu alternatif untuk mengurangi tingkat pengangguran adalah dengan kegiatan kewirausahaan.  Namun, kesulitan yang paling banyak ditemukan adalah menumbuhkan minat berwirausaha. Bahkan mahasiswa Unindra pun memiliki kategori yang rendah. Rendahnya minat berwirausahan dipengaruhi banyak faktor, salah satunya adalah literasi kewirausahaan. namun kepastian ini akan diuji dalam penelitian ini. Penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif yang dilakukan di Universitas Indraprasta PGRI jakarta pada bulan Januari hingga Maret tahun 2023. Populasi dan sampel penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling untuk mengkhususkan prodi Pendidikan ekonomi sebagai responden untuk berpartisipasi sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Penyebaran kuesioner dilakukan sebanyak dua kali. Penyebaran pertama digunakan untuk menguji instrument (validitas dan reliabilitas), penyebaran kedua digunakan untuk mengumpulkan data penelitian untuk dianalisis data. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana dengan mengikuti langkah-langkah prasyarat. hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh literasi kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa


Keywords


Minat Berwirausaha; Literasi kewirausahaan; Wirausaha; Mahasiswa

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Acs, Z. J., Braunerhjelm, P., Audretsch, D. B., & Carlsson, B. (2009). The knowledge spillover theory of entrepreneurship. Small business economics, 32, 15-30.

Almuna, M., Thaief, I., Said, M. I., Dinar, M., & Hasan, M. (2020). Pengaruh Literasi Kewirausahaan dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Jurusan IPS di SMA Negeri 4 Enrekang. Indonesian Journal of Social and Educational Studies Vol, 1(2).

Anwar, A. (2019). Pengaruh Literasi Kewirausahaan Dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Siswa Di Smk Negeri 1 Soppeng (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASAR).

Indra, W., Vhalery, R., & Marwan, M. (2018). Analysis of Student Inhibiting Factors Initiating Entrepreneurship. IJSRP: International Journal of Scientific and Research Publications, 8(4), 24-29. http://dx.doi.org/10.29322/IJSRP.8.4.2018.p7605.

Ramadhani, N. T., & Nurnida, I. (2017). Pengaruh mata kuliah kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 1(1), 89-97.

Sanawiri, B., & Iqbal, M. (2018). Kewirausahaan. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Setyastanto, A. M., Leksono, A. W., Vhalery, R., & Abdillah, A. (2022). TINGKAT LITERASI KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA. Research and Development Journal of Education, 8(2), 883-888.

Williams, N., & Huggins, R. (2013). Supporting entrepreneurship in deprived communities: a vision too far?. Journal of Small Business and Enterprise Development, 20(1), 165-180.

Yadewani, D., & Wijaya, R. (2017). Pengaruh e-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(1), 64-69.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.17027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).