IMPLEMENTASI METODE DEMOSTRASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMPN SATU ATAP 5 SAJIRA KABUPATEN LEBAK

Ira Pratiwi Ramdayana(1*), Hendro Prasetyono(2), Agus Tri Sutoyo(3)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan dalam menganalisis penerapan metode demonstrasi sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap 5 Sajira di Desa Calungbungur Kecamatan Sajira Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Siklus 1 disebut siklus tindakan pembelajaran dan siklus 2 disebut siklus tindakan perbaikan pembelajaran. Untuk membuktikan signifikansi perbedaan antara hasil pengamatan pada kegiatan siklus 1 dan siklus 2 perlu di uji dengan t-test berkorelasi. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap 5 Sajira. Hasil penelitian dari siklus 1 adalah menunjukkan hasil positif dalam hal motivasi, minat, respon siswa dan pembelajaran sudah berjalan efektif. Hasil siklus 2 menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran sangat baik, suasana pembelajaran kondusif dan minat belajar siswa meningkat. Dari hasil pengujian diperoleh thitung -13,18 dan ttabel pada posisi 1,982 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan sebelum penggunaan metode demonstrasi dengan prestasi belajar peserta didik setelah penggunaan metode demontrasi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap 5 Sajira Kabupaten Lebak. Implikasi penelitian ini adalah para guru dapat menggunakan metode demonstrasi sebagai alternatif pilihan dalam metode pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial


Keywords


Metode Pembelajaran; Ilmu Pengetahuan Sosial; Sekolah Menengah Pertama; Penelitian Tindakan Kelas; t-test

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdillah, A., & Prasetyono, H. (2018). Pengaruh Reinforcement Guru Terhadap Kompetensi Afektif Siswa SMA Jakarta Timur Dalam Meminimalisir Berita Hoax. Research and Development Journal Of Education, 5(1), 3–10.

Aeni, N., & Yuhandini, D. S. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Dan Metode Demonstrasi Terhadap Pengetahuan SADARI. Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 6(2), 162–174. https://doi.org/10.33366/cr.v6i2.929

Amaliah, R. R. & Fadhil, A. (2014). Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Studi Al-Qur’an; Membangun Tradisi Berfikir Qur’an, 10(2), 119–131.

Ananda, R., Rafida, T., & Syahrum. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Citapustaka Media. https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793

Arisman, A., & Permanasari, A. (2016). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Metode Praktikum Dan Demonstrasi Multimedia Interaktif (Mmi) Dalam Pembelajaran Ipa Terpadu Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Edusains, 7(2), 179–184. https://doi.org/10.15408/es.v7i2.1676

Dong, M. (2020). Structural relationship between learners’ perceptions of a test, learning practices, and learning outcomes: A study on the washback mechanism of a high-stakes test. Studies in Educational Evaluation, 64(October 2018), 100824. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2019.100824

Fahmi, A. N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Mawaris Menggunakan Sparkol Videoscribe. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(03), 229–238.

Farinita, P. E., & Sumadi. (2016). Pengaruh Metode Eksperimen dan Metode Demonstrasi Terhadap Prestasi Belajar Fisika Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 3(1), 87–95.

Gerritsen-van Leeuwenkamp, K. J., Joosten-ten Brinke, D., & Kester, L. (2019). Students’ perceptions of assessment quality related to their learning approaches and learning outcomes. Studies in Educational Evaluation, 63(July 2018), 72–82. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2019.07.005

Gumay, O. P. U., & Bertiana, V. (2018). Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X MA Almuhajirin Tugumulyo. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(2), 96–102. https://doi.org/10.31539/spej.v1i2.272

Inayah, I. & Khoiri, N. (2013). Studi Komparasi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dengan Metode Diskusi Dan Model Direct Intruction Dengan Metode Resitasi Berbantuan Buku Saku Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 4(9), 1–5. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Jasmini. (2019). Pembelajaran Metode Demontrasi Dan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas III SDN 004 Teratak Buluh Kecamatan Siak Hulu. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(4), 711–722.

Khoiro, D. M., & Akhwani, A. (2021). Studi Komparasi Metode Pembelajaran Role Playing dan Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3352–3363.

Prihatin, S., Isnani, & Utami, W. B. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Demonstrasi Dan Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal. Dialektika Pendidikan Matematika, 4(2), 50–61.

Ramdayana, I. P., Prasetyono, H., & Rahman, N. V. T. (2020). Comparative Study Of Discussion And Question-Answer Learning Method To Improve Learning Outcomes Of Vocational High School Students. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(3), 597–607.

Ramdayana, I. P., Prasetyono, H., Viah, N., & Rahman, T. (2020). Comparative Study Of Discussion And Question-Answer Learning Method To Improve Learning Outcomes Of Vocational High School Students. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(3), 597–607.

Saputra, S., & Prasetyono, H. (2020). The Effect of Science Approach to The Activity of Learning Students In SMPN 25 Tangerang City. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pegajaran), 4(1), 20–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v4i1.7910

Saregar, A., Sunarno, W., & Cari, C. (2013). Pembelajaran Fisika Kontekstual Melalui Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Diskusi Menggunakan Multimedia Interaktif Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Dan Kemampuan Verbal Siswa. Inkuiri, 2(02), 100–113. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v2i02.9754

?engül, S., & Katranci, Y. (2014). Effects of Jigsaw Technique on Mathematics Self-Efficacy Perceptions of Seventh Grade Primary School Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116(2006), 333–338. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.217

Setiawati, L. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Praktik Kejuruan Siswa SMK Program Studi Keahlian Teknik Komputer Dan Informatika. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 325–339.

Subadi, T. (2010). Lesson Studi Berbasis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Badan Penerbit FKIP UMS.

Sulfemi, W. B. (2018). Penggunaan Metode Demontrasi Dan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ips. Jurnal Pendas Mahakam, 3(2), 151–158. https://doi.org/10.31227/osf.io/qrhsf

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada pembelajaran praktik kelistrikan otomotif smk di kota yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111–120.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.17015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).