RELIGIUSITAS SEBAGAI BAGIAN DARI PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Goreta Goreta(1*), Carolus Patampang(2), Jeslin Leppang(3)

(1) STIKPAR Toraja
(2) STIKPAR Toraja
(3) STIKPAR Toraja
(*) Corresponding Author

Abstract


Masa remaja adalah masa dimana anak-anak mulai mencari jati dirinya dan tak jarang anak remaja pada masa ini berperilaku menyimpang. Hal tersebut mengakibatkan anak-anak tidak menghiraukan nilai-nilai religiusitas. Dalam Penelitian ini penulis mengunakan metode kualitatif agar dapat menjawab dengan baik tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan perilaku religiusitas pada peserta didik, peran religiusitas sebagai bagian dari pendidikan karakter peserta didik. Pengumpulan data dilakukan penulis dengan menggunakan Teknik wawancara dan Studi Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan religiusitas perlu diberikan kepada anak yang sudah menginjak masa remaja karena masa remaja adalah masa dimana anak-anak mulai mencari jati dirinya dan mengenal dirinya yang sebenarnya

 


Keywords


Religiusitas; Pendidikan Karakter; Peserta Didik

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Asyarie. (2000). Agama Kebudayaan dan Pembangunan Menyongsong Era Indrustrialisasi. Yogyakarta: IAIN Sunan kalijaga Press.

Cassianus, B. T. (2019). Formasi Dasar Orang Muda. Yogyakarta: Kanisius.

Creswell, J. W. (2014). Research Design. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Goreta. (2019). Media Sosial Sebagai Sarana Belajar Observasional dalam Pembentukan Perilaku Belajar Menurut Teori Belajar Sosial Albert Bandura. Jurnal Euntes, 4(2).

Goreta. (2020a). Meningkatkan Peran Guru sebagai Pendidik Propesional dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Euntes, 5(2).

Goreta. (2020b). Membentuk Perilaku Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan E-Learning. Jurnal Euntes, 5(1).

Jalaluddin. (2015). Psikologi Agama. Depok: Raja Grafindo Persada.

Patampang, C. (2013). Applying Appreciative Inquiry Approach as A Foundation to Improve Teacher Performance. Malaysia: National Library of Malaysia.

Subandi. (2013). Psikologi Agama dan Kesehatan Mental. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiono. (2018). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Desertasi. Bandung: Alfabeta.

Sukestiyarno. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Suryadi, B., & Hayat, B. (2021). Religiusitas, Konsep, Pengukur, dan Implementasi di Indonesia. Banten: Bibliosmia Karya Indonesia.

Tandiangga, P. (2021). Simbolisme, Realitas, dan Pikiran dalam Semiotika Charles W. Morris. Jurnal Syntax Transformation , 2(5), 650–661.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i1.16977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).