EFEKTIVITAS MODUL AJAR MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERKARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMK NEGERI 2 KOTA KEDIRI

Muhajir Muhajir(1), Kusmiati Kusmiati(2), Ayu Sarwendah(3*)

(1) Universitas Dr. Soetomo
(2) Universitas Dr. Soetomo
(3) SMK NEGERI 2 KEDIRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan modul ajar dan mengetahui kemampuan guru dalam pembelajaran menggunakan model Project Based Learning berkarakter Profil Pelajar Pancasila pada mata pelajaran Dasar-dasar Broadcasting dan Perfilman di SMK Negeri 2 Kota Kediri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan observasi. Angket mencakup penilaian kelayakan terhadap modul ajar dengan aspek informasi umum, informasi khusus, peta konsep materi pembelajaran, komponen inti yang terdiri dari tujuan pembelajaran, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik, model pembelajaran, kegiatan pembelajaran, asesmen, pengayaan, remedial, glosarium, daftar pustaka dan lampiran. Observasi dilakukan oleh pengamat dengan aspek yang diamati yaitu pendahuluan, inti, penutup, pengelolaan waktu dan suasana kelas. Kegiatan pendahuluan memperoleh nilai 4,29, kegiatan inti 3,92, kegiatan penutup 4,25, pengelolaan waktu 3,75 dan suasana kelas 3,99. Berdasarkan analisis data, modul ajar layak digunakan dengan nilai 3,3 dan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran model Project Based Learning berkarakter Profil Pelajar Pancasila mendapat nilai 4,04 dengan kriteria penilaian sangat baik.

 


Keywords


Modul Ajar; Project Based Learning; Profil Pelajar Pancasila

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299.

Cahyani, A. E. M., Mayasari, T., & Sasono, M. (2020). Efektivitas E-Modul Project Based Learning Berintegrasi STEM Terhadap Kreativitas Siswa SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 15. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i1.1774

Erisa, H. (2021). Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 11, 44. https://ahlimediapress.com/index.php?route=product/product&product_id=232

Handayani, L. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Paedagogy, 7(3), 168. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2726

Harahap, T. O., & Mukhaiyar, R. (2020). Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Project-Based Learning. 06(02), 433–441.

Haryani, S., Prasetya, A. T., Dewi, S. H., & Fadillah, A. (2022). Penyusunan Bahan Ajar SMK Terintegrasi Konteks Kejuruan pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(2), 131–137. https://doi.org/10.15294/jipk.v16i2.31633

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187.

Mamahit, J. A., Aloysius, D. C., & Suwono, H. (2020). Efektivitas Model Project-Based Learning Terintegrasi STEM (PjBL-STEM) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(9).

Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi.

Ramadianti, A. A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 93–98. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i2.668.

Susanta, A., & Susanto, E. (2020). Efektivitas project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Theorems, 5(1), 61-68.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.16941

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).