MODUL ELEKTRONIK BERBASIS HOTS PADA POKOK BAHASAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI

Bahrudin Bahrudin(1*), Maskhur Dwi Saputra(2), Fadjriah Hapsari(3)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Produk berupa modul elektronik berbasis HOTS pada Pokok Bahasan Sistem Informasi Akuntansi dan Persamaan Dasar Akuntansi yang layak sesuai penilaian ahli merupakan tujuan dari penelitian ini. Modul elektronik ini dibuat dengan melihat kondisi pembelajaran yang mengarah pada pembelajaran daring, sehingga peserta didik diharapkan dapat belajar secara mandiri. Penelitian ini berjenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Dessiminate). Penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (Develop) bagian penilaian ahli. Pengambilan data dilakukan dengan cara menyerahkan lembar validasi kepada ahli yang berisi komponen penilaian modul elektronik berbasis HOTS. Komponen isi modul dilihat dari aspek kelayakan isi memperoleh skor 88,3% (sangat layak), aspek penyajian memperoleh skor 84% (sangat layak), aspek kebahasaan memperoleh skor 96,6% (sangat layak), aspek grafis memperoleh skor 85% (sangat layak), dan aspek keterampilan HOTS memperoleh skor 40% (tidak layak). Namun salah satu ahli memberikan saran untuk menambahkan aktivitas peserta didik berupa pencatatan persamaan dasar akuntansi, sehingga peserta didik dapat berpikir sampai level mencipta (C6). Jadi secara keseluruhan bahwa penilaian modul elektronik berbasis HOTS memperoleh skor 83% dengan kategori sangat layak dapat dimanfaatkan oleh peserta didik untuk kegiatan pembelajaran


Keywords


Akuntansi; HOTS; Modul Elekronik; Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agustyaningrum, N. (2015). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Matematika SMP. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1), 39-46. doi:doi.org/10.33373/pythagoras.v4i1.567.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.

Arends, R. I., & Kilcher, A. (2010). Teaching for Student Learning Becoming an Accomplished. New York: Routledge Taylor & Francis Grup.

Arum, T. S., & Wahyudi. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Subtema Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem Pendekatan Saintifik untuk kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 239-250. doi:doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p239-250.

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Menghadapi Wabah Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880-889. doi:doi:https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.476.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dirjen Dikdasmen. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Dolapcioglu, S. (2020). Action Learning in Teacher Education for Teaching Twenty-First-Century Thinking Skills. Action Learning: Research and Practice, 17(3), 326-334. doi:doi:https://doi.org/10.1080/14767333.2020.1819611.

Hidayat, A. S., Dlis, F., & Hanief, S. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Atletik Nomor Seri Berbasis Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar. Purwodadi: Sarnu Untung.

Huzaimah, P. Z., & Amelia, R. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 533-541. Retrieved from https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/537.

Jones, J. A. (2016). The Student-Developed Quiz (or Exam): Scaffolding Higher-Order Thinking. NACTA Journal, 60(2), 261-274.

Kemendikbudristek. (2022a). Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Diskresi Pelaksanaan Keputusan Bersama 4 (Empat) Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kemendikbudristek. (2022b). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Jakarta: Kementerian Pendidikan, kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Logan, R. M., Johnson, C. E., & Worsham, J. W. (2020). Development of an e-learning Module to Facilitate Student Learning and Outcomes. Teaching and Learning Nursing, 16(2), 139-142. doi:doi:https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007.

Nguyen, T. M., & Nguyen, T. T. (2017). Influence of Explicit Higher-Order Thinking Skills Instruction on Students’ Learning of Linguistics. Thinking Skills and Creativity, 26, 113-127. doi:doi:https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.10.004.

Parwines, Z., & Alfiyandri. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbasis MBCL (Metacognition Based Contextual Learning) Pada Pembelajaran Matematika Bangun Datar Kelas V SDIT Adzkia 2 Kota Padang. Biofarmatika: Jurnal llmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 8(2), 255-260. doi:doi.org/10.35569/biormatika.v8i2.1379.

Permendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prastowo. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 17-25. doi:doi:https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.7155.

Renat, S. E., Novriyanti, E., & Armen. (2017). Pengembangan Modul Dilengkapi Peta Konsep dan Gambar Pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas VII SMP. Bioeducation Journal, 1(1), 95-108. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bioeducation/article/view/7159/5613.

Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Saputra, M. D. (2022). Pembelajaran Ekonomi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(1), 61 - 69. doi:doi.org/10.26740/jupe.v10n1. p61-69.

Schraw, G., & Robinson, D. R. (2011). Assessment of Higher Order Thinking Skills. Charlotte, North Carolina: Information Age Publishing, Inc.

Sejpal, K. (2013). Modular Method of Teaching. International Journal for Research in Education, 2(2), 169-171. Retrieved from https://raijmronlineresearch. files.wordpress.com/2017/07/29_169-171-dr-kandarp-sejpal.pdf.

Sidiq, R., & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Jakarta, 9(1), 1-14. doi:doi:https://doi.org/10.21009/JPS.091.01.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington: Center for Innovation in Teaching the Handicapped, Indiana University.

Ummah, R., Suarsini, E., & Lestari, S. R. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Penelitian Uji Antimikroba Pada MataKuliah Mikrobiologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(5), 572-579. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/13432/6111.

Valencia, M. R. (2020). Modular Approach in Teaching Science 10. International Journal on Trend in Scientific Research and Development, 4(3), 99-106. Retrieved from https://www.ijtsrd.com/papers/ijtsrd30318.pdf.

Wati, J. U., Rikza, Q., & Rahmawati, A. D. (2021). Pengelolaan Kelas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pandemi di Kelas VII G MTs Negeri 4 Ngawi. Indonesian Journal of Education and Learning Mathematic, 2(1), 19-31. Retrieved from http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM/article/ view/385.

Wijaya, J. E., & Vidianti, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Modul Elektronik Interaktif Pada Mata Kuliah Inovasi Pendidikan Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Baturaja. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(2), 142-147. doi:doi.org/10.32529/glasser.v3i2.334.

Yulando, S., Sutopo, & Chi, T. F. (2019). Electronic Module Design and Development: An Interactive Learning. American Journal of Educational Research, 7(10), 694-698. Retrieved from http://pubs.sciepub.com/education/7/10/4/index.html.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.16904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).