PERAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA (SEBUAH KEHARUSAN YANG TAK BISA DITAWAR)
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini berupaya menjelaskan seberapa besar pengaruh kompetensi sosial dalam mempengaruhi minat belajar siswa. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, data penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner mengenai variabel yang diteliti. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMKN 59 Jakarta yang berjumlah 71 siswa. Dan dikarenakan polulasinya masih dibawah 100, maka teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh, artinya seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Dari data yang telah di analisis dan diuji hipotesis, diperoleh nilai F_hitung= 16,45 dan F_tabel=3,98 pada taraf 0,05 dengan dk = 69. Sehingga dengan membandingkan nilai tersebut, maka dinyatakan F_hitung (16,45)> F_tabel (3,98) artinya H_0 ditolak dan Ha diterima, dan dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi sosial guru terhadap minat belajar peserta didik
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Gerintya, Scholastica. (2019). Indeks Pendidikan Indonesia Rendah, Daya Saingpun Lemah. Dalam Tirto. https://tirto.id/indeks-pendidikan-indonesia-rendah-daya-saing-pun-lemah-dnvR. (9 November 2019).
Hapsari, S. & Heryani, Rosalina Dewi. (2019). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatitf. Jakarta : Unindra Press.
Meilani, Rini Intansari & Ricardo. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol 2 No.2, Hlm 188-201.
Menrisal, Renisa Andria. (2018). Hubungan Persepsi Siswa Tentan Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Sosial Guru Plk Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi Vol. 5, No. 1, Maret 2018, Hal. 1-10
Setiawati, Nur amega, Ani Interdiana, Dini Amaliah, & Sudi Lestari. (2018). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Unindra Press
Sobandi, A, & Nurhasanah, S. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol 1 No.1, Hlm 128-135.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zahroh, Aminatul. (2018). Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: Yrama Widya.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.16900
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).