EFEKTIVITAS PENGGUNAAN RUMUS 5W1H UNTUK PENANGGULANGAN PENYEBARAN HOAKS DI KALANGAN REMAJA

Fajar Kurniadi(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendapatkan informasi terkait keefektifan penggunaan rumus untuk menyatakan sebuah berita atau informasi layak dinyatakan sebagai berita bohong atau hoaks atau bukan. Hal ini dirasa sangat perlu mengingat perkembangan informasi yang kian cepat dan lajunya sudah sulit dibendung. Ditambah lagi, jika ternyata berita hoaks tersebut mengandung unsur sara yang membuat lini kehidupan masyarakat menjadi terprovokasi dan terintimidasi. Pada akhirnya akan berakibat rusaknya hubungan antarmasyarakat karena termakan oleh berita bohong atau hoaks. Remaja sebagai agen perubahan dirasa perlu mengetahui cara penanggulangan hoaks, apalagi remaja adalah kalangan yang sangat aktif menggunakan media sosial. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Data yang diambil dari berbagai sumber digital yang tersebar di media massa dan digital. Setelah data diambil dari media digital, peneliti berusaha melakukan penelitian kemampuan responden dalam merespons isu hoaks dalam data tersebut dengan pendekatan pertanyaan 5W1H. Adapun responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa dari beberapa universitas di sekitar Jakarta dan Depok berjumlah 360 orang dengan rentang usia sekira 17 s.d. 25 tahun. Mereka menempuh pendidikan di universitas dengan jurusan kependidikan, ekonomi, dan komunikasi. Dengan rentang usia dan latar belakang pembelajaran mereka di kampus, diharapkan penelitian ini tepat sasaran dan tepat guna. Adapun hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 70% responden mampu membedakan dan menyimpulkan berita yang mereka terima adalah hoaks dengan menggunakan rumus 5W1H. Persentase ini merupakan persentase yang sangat banyak dan menggembirakan karena remaja mampu dan sudah dapat membedakan berita yang mereka terima, benar atau tidak


Keywords


5W1H; Hoaks; Remaja

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aeni, S. N. (2021, 7 24). Dilarang Merokok: 7 Tempat Umum Dilarang Untuk Merokok. Diakses Melalui KataData: https://katadata.co.id/sortatobing/berita/60cac14fb27ea/dilarang-merokok-7-tempat-umum-dilarang-untuk-merokok. Pada tanggal 27 Februari 2023, Pukul 15.00 WIB.

Asosiasi Penyelenggara Jarigan Internet Indonesia. (2022, 06 21). APJII di Indonesia Digital Outloook 2022. Diakses Melalui APJII: https://apjii.or.id/berita/d/apjii-di-indonesia-digital-outloook-2022_857#:~:text=Internet%20Indonesia%20(APJII)%2C%20jumlah,ke%20internet%20pada%20tahun%202021. Pada tanggal 27 Februari 2023, Pukul 15.30 WIB.

Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional. (2019, 10 12). Akses Digital Naik Selama Pandemi. Diakses melalui Wantiknas: http://www.wantiknas.go.id/id/berita/akses-digital-meningkat-selama-pademi. Pada tanggal 27 Februari 2023, Pukul 17.00 WIB.

Dihni, V. A. (2022, 09 05). Warga RI Main Medsos 3 Jam per Hari, Ini Peringkat Globalnya. Diambil kembali dari KataData: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/05/09/warga-ri-main-medsos-3-jam-per-hari-ini-peringkat-globalnya. Pada tanggal 27 Februari 2023, Pukul 15.00 WIB.

Hilaliyah, H., Atmapratiwi, H., & Kurniadi, F. (2021). Sosialisasi Padanan Kata Bahasa Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19 di Karang Taruna Melati (Karamel) RW 017 Graha Indah, Jatikramat, Jatiasih, Kota Bekasi. SENADA, 82-93.

JDIH BPK. (2012, 12 24). Pengamanan Bahan Yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan. Diakses melalui JDIH BPK Database Peraturan: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/5324/pp-no-109-tahun-2012. Pada tanggal 27 Februari 2023, Pukul 20.00 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.16648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).