IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH MATERI SHOLAT FARDHU KELAS XI DI SMAM 6 GRESIK

Ubed Muhtaroom(1*), Romelah Romelah(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan metode demonstrasi pembelajaran PAI tentang sholat. Pelaksanaan metode demonstrasi lebih berhasil diterapkan dalam pembelajaran PAI materi sholat karena perhatian peserta didik dapat lebih terpusat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, proses pembelajaran yang dipelajari peserta didik lebih terarah. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis Studi kasus, sedangkan lokasi penelitiannya di SMAM 6 Gresik dan informannya peserta didik kelas XI berjumlah 30 dan Pendidik 2 Teknik Pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian yaitu penerapan metode demonstrasi sangat baik diterapkan dalam pelajaran materi tentang sholat. Penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran guru dituntut untuk memperagakan atau memberikan contoh langsung materi sholat kepada siswa agar dapat menerima dan mengikuti dengan baik dan benar apa yang disampaikan oleh guru. Penggunaan metode demonstrasi penting untuk pembelajaran materi sholat PAI karena perhatian siswa dapat lebih terarah dalam mengikuti pembelajaran dan proses pembelajaran yang dipelajari siswa lebih fokus

 


Keywords


Metode Demonstrasi; Fiqih; Sholat Fardhu

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ainiyah, Q., & Husnaini, K. (2019). Implementasi manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam peningkatan mutu pembelajaran di sman bareng jombang. Al-Idaroh, 3(2), 98–112.

Imanuddin, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Shalat Siswa Di Mts Mualimat Melalui Modifikasi Metode Demonstrasi Dan Reading Aloud. Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents, 1(1), 204–219

Permendikbud No 53 Pasal 1 Tahun 2015 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Sastra, A. (2014). Filosofi Pendidikan Islam. Bogor: Darul Muttaqien Press

Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: RinekaCipta.

Supriyono. (2014). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.16338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).