PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MASYARKAT AIR RAYA KABUPATEN NATUNA KEPULAUAN RIAU

Mustaqim Mustaqim(1*)

(1) SDN 009 BANDARSYAH
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi orang tua terhadap pendidikan agama Islam masyarakat Air Raya kabupaten Natuna Kepulauan Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian yang peneeliti lakukan ini menunjukan bahwa persepsi orang tua yang masih beragam terhadap pentingnya pendidikan agama Islam masyarakat Air Raya Kabupaten Natuna Kepulauan Riau. Persepsi terbagi menjadi dua yaitu persepsi positif dan persepsi negative. Persepsi positif ialah persepsi yang menganggap pendidikan agama Islam itu penting bagi kehidupan setiap orang dan persepsi negatif ialah persepsi yang menganggap bahwa pendidikan agama Islam itu tidak penting dalam kehidupan sehari-hari. Pesepsi yang masih beragam tersebut memiliki beberapa alasan yaitu: 1) Lemahnya tingkatan pemahaman yang dimiliki orang tua terhadap pendidikan agama Islam. 2) Lemahnya pemahaman anak-anak untuk termotivasi belajar pendidikan agama Islam. 3) Lemahnya dalam bidang perekonomian membuat terbatasnya orang tua dalam mendukung dan memberikan kesempatan kepada anak-anaknya agar mendapatkan Pendidikan yang baik dan semakin meningkatnya pemahaman terhadap pendidikan agama Islam yang lebih baik

 


Keywords


Persepsi; Orang Tua; Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adri, J. (2019). Persepsi Orang Tua Terhadap Pentingnya Pendidikan Anak. Jurnal Akademik Pendidikan Ekonomi, VI(1), 25–38.

Aulia, S., & Meutia, Z. D. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Pada Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 34–47.

Baharuddin, I. (2016). Upaya Orangtua Dalam Menanamkan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini. 08(02), 92–106.

Darajat, D. Z. (2021). Konsep pendidikan islam dalam keluarga dan sekolah menurut prof. dr. zakiyah daradjat. 12, 13–32.

Dedih, U., Zakiyah, Q. Y., & Melina, J. O. (2019). Perhatian Orang Tua dalam Pendidikan Keagamaan Anak di Rumah Hubungannya dengan Perilaku Mereka di Lingkungan Sekolah. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal.

Ekawati & Elihami. (2020). Persepsi Revolusi Mental Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 16.

Eminita, V., & Astriyani, A. (2018). Persepsi Orang Tua Terhadap Kecerdasan Majemuk Anak. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 1.

Fahimah, I. (2019). Kewajiban Orang Tua terhadap Anak dalam Perspektif Islam. Jurnal Hawa, Vol. 1.

Fajri, H. (2018). Persepsi Orang Tua Terhadap Proses Bimbingan Belajar Anak Di Ruma.

Falah, A. (2015). Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn 01 Karangmalang Gebog Kudus. Elementary, 3, 171–195.

Hamdani, A. D., Nurhafsah, N., & Silvia, S. (2022). Inovasi Pendidikan Karakter Dalam Menciptakan Generasi Emas 2045. JPG : Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), 170–178.

Haris, M. (2015). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Prof. H.M Arifin. Ummul Quro, 6(Jurnal Ummul Qura Vol VI, No 2, 1–19.

Izzah, I. (2018). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Masyarakat Madani. Pedagogik : Jurnal Pendidikan, 5(1), 50–68.

Kurnaesih, U. (2017). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Tingkah Lkau Keagamaan. 1, 51–71.

Madaniyah, J., Tua, P. O., Tinggi, S., & Tarbiyah, I. (2016). Perhatian Orangtua dan Motivasi Belajar Siswa. 2, 242–259.

Malik, H. K., & Sumarno, S. (2016). Kepedulian orang tua terhadap pendidikan anak untuk menyelesaikan program wajar 9 tahun. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 38. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.8061

Mardiyah. (2015). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. Jurnal Kependidikan, III(2), 109–122.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Analisis data kualitatif : buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta: UI Press.

Mulyadi. (2016). Agama dan pengaruhnya dalam kehidupan. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VI Edisi 0, 556–564.

Muthia, F. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Lembaga Pendidikan Islam Di Desa Pengkok Kedawung Sragen Jawa Tengah. Al-Bahtsu, 3(2), 174.

Nabila, F. S., & Umro, J. (2020). Pendidikan Tinggi Untuk Kaum Perempuan (Studi Kasus di Desa Curahdringu Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo). Al-Hikmah, 2(2), 136–148.

Nafiah, U., & Wijono, H. A. (2021). Konsep Pola Asuh Orang Tua Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(2), 155–174.

Norjanah. (2022). Membangun Karakter dan Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SD Terhadap Pendidikan Agama Islam Era Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Conference Of Elementary Studies, 383–391.

Priyitno, D. (2008). Partisipasi Masuarakat Dalam Implementasi Kebijakan Pemerintah; (Studi Kasus Pelaksanaan Program Wajib Belajar Sembilan Tahun di Distrik Semangga, Kabupaten Marauke. tesis, Universitas Diponegoro.

Radiansyah, D. (2018). Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Remaja Islam. Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 3(2), 76–103.

Rahman, M. S. (2018). Peran Orang Tua Dalam Penanaman Nilai-Nilai Islam. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(1), 14. https://doi.org/10.30984/jii.v12i1.886

Rezki, M., & Mangsi. (2020). refrensi 1 teoritis Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Penerapan Kurikulum 2013 (Studi Kasus Di SMP Negeri 12 Parepare). Jurnal Al-Ibrah, IX(September).

Setiawan, W. (2019). Internalisasi Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Perspektif Teori Barat Dan Islam. Journal ISTIGHNA, 2(1), 35–57.

Somad, M. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Anak. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 171–186. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumiati. (2017). Dampak Ilmu Pengetahuan Teknologi Terhadap Iman dan Takwa Mahasiswa. 2(2), 111–120.

Sutrisno, A. (2021). Pentingnya pendidikan anak di usia dini 1. Jurnal UMJ, 1–4.

Syahid, & Kamaruddin. (2020). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Islam Pada Anak. AL-LIQO: Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 120–132.

Umami, R., & Ahmadian, H. (2022). Menumbuhkan Rasa Cinta terhadap Ilmu Keagamaan di Kalangan Anak-Anak Montasik, Aceh Besar. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i1.1075

Wahid, A. (2015). Konsep Dan Tujuan Pendidikan Islam (Concept and Objectives of Islamic Education). Istiqra’, III(1), 18–23.

Walgito, B. (2002). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Andi Offset.

Yatun, S. (2020). Persepsi Orang Tua dan Guru dalam Menanamkan Disiplin Anak Usia Dini pada Pembelajaran Online. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 149–151. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia..

Yusuf, M. (2018). Pengaruh Pendidikan Bagi Perkembangan Anak Usia Dini. 31–38




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.16306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).