INSTITUSI PENDIDIKAN SEBAGAI SARANA REPRODUKSI BUDAYA DAN SOSIAL

Patrio Tandiangga(1*), Ardyanto Allolayu(2)

(1) STIKPAR Toraja
(2) Universitas Sanata Dharma
(*) Corresponding Author

Abstract


Studi atau penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pendidikan yang ada di dalam masyarakat. Penulis ingin mendalami lebih jauh tentang bagaimana institusi pendidikan menjadi sebuah sarana untuk reproduksi budaya dan sosial. Penulisan karya tulis ini banyak dipengaruhi oleh pemikiran seorang tokoh filsafat yakni Pierre Bourdieu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan riset kepustakaan. Data, informasi dan teori diperoleh melalui berbagai media cetak maupun yang berbasis online yang dapat dipertanggungjawabkan keabsahanya. Dari hasil penelitian dan refleksi penulis dapat disimpulkan bahwa sekolah memang mempunyai peranan besar dalam mereproduksi budaya yang meliputi pengetahuan, kompetensi penggunan berbagai fasilitas modern, dan keterampilan, kepada para peserta didik. Di sisi lain, cara dan kebiasaan hidup pada peserta didik dari kelas atas lebih dekat dengan budaya sekolah

 


Keywords


Pendidikan; Institusi; Reproduksi; Budaya

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Bourdieu, P., & Passeron, J.-C. (1990). Reproduction in Education, Society and Culture. SAGE Publications.

Brown, B. (2008). Professionalism in Education” A paper presented at a Workshop for Teachers in Odukpani Local Government Area. UK: Education Authority.

Ekanem, S. A., & Ekefre, E. N. (2013). Ethics and Professionalism in Education as Tools for Social Reconstruction and Development. Mediterranean Journal of Social Sciences, 4(14), 15–21.

Fashri, F. (2014). Pierre Bourdieu: Menyingkap Kuasa Simbol. Yogyakarta: Jalasutra.

Huitt, W. (2004). Values, Educational psychology interactive. USA: Valdosta State University.

Karnanta, K. Y. (2013). Paradigma teori arena produksi kultural sastra: Kajian terhadap pemikiran Pierre Bourdieu. Jurnal Poetika.

Oshita, O. (2009). Philosophy of Education and National Development in Philosophy and Education: An Introductory Text for Nigerian Undergraduate. Calabar: Jochrisam Publishers.

Purwanto, H. (2016). Membaca Pikiran Pierre Bourdieu. DIY: Kreasi Wacana.

Sugiono. (2018). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.15861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).