MENUMBUHKAN KESADARAN HUKUM MELALUI TATA TERTIB SEKOLAH (STUDI KELAS Xl SMAS RANTAUPRAPAT)

Erika Putri Hasibuan(1), Toni Toni(2*)

(1) Universitas Labuhanbatu
(2) Universitas Labuhanbatu
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan Penelitian guna menjelaskan dalam menumbuhkan kesadaran hukum melalui tata tertib sekolah pada siswa kelas XI SMAS Rantauprapat. Penelitian memakai method deskriptif kualitatif dan teknik penggumpulan data diperoleh dari observasi dan wawancara. Menggunakan data primer yaitu guru dan Siswa kelas XI yang terdiri dari 24 siswa sebagai responden. Menggunakan data sekunder berupa jurnal, buku, dan bahan relevan dengan penelitian. Hasil Penelitian didapatkan kesadaran hukum siswa terhadap tata tertib sekolah masih kurang maksimal dikarenakan masih adanya siswa kurang peduli dengan peraturan SK NO.19/KEP/III.4.AU/A/2012 tentang peraturan. Sedangkan kendala dalam kesadaran tata tertib disekolah, siswa masih pada masa fase puberitas sehingga hal-hal yang dianggap melanggar dianggap biasa saja. Untuk itu peran pihak sekolah harus lebih maksimal dalam memberika pemahaman kesadaran hukum, dengan cara memberikan pelajaran muatan kesadaran hukum dan sosialisasi pentingnya memberikan kesadaran hukum dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah

 


Keywords


Sekolah; Kesadaran Hukum; Tata Tertib; Siswa

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ernaningsih, D. (2019). Peran Guru Pkn Dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Siswa Terhadap Tata Tertib Sekolah. Birunimatika, 4(2), 013 – 020–013 – 020.

Dirgantoro, A. (2016). Implementation of Multicultural Education Ineducationalperspective for Cross Cultural Psychologystudy in Indonesia. Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education), 96–108.

Hasibuan, Z. (2014). Kesadaran Hukum Dan Ketaatan Hukum Masyarakat Dewasa Ini Oleh: Zulkarnain Hasibuan 1 ABSTARK. Publik, 2(2), 78–92.

Hirjan. (2020). Studi Tentang Peranan Pembelajaran PPKn Dalam Menumbuhkan Kesadaran Hukum Pada Siswa SMP. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan, Vol. 2 (1)(1), 60–65.

Juliardi, B. (2015). Implementasi pendidikan karakter melalui pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 2, 119–126.

Salfia, N. (2015). Nilai Moral dalam Novel 5 CM Karya Donny Dhirgantoro. Jurnal Humanika, 15(15), 3.

Sidiq, U. & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling. 5399)




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.15819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).