PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENANAMKAN KARAKTER ISLAMI DI INTERNATIONAL ISLAMIC SCHOOL (STUDI ETNOGRAFI TERHADAP GURU FISIKA)

Feri Apryandi(1*), Muhib Rosyidi(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada dasarnya pendidikan karakter beragama harus ditanamkan oleh setiap sekolah yang ada di Indonesia, karena mengingat Indonesia merupakan negara yang mengakui adanya agama dan Tuhan. Di Indonesia sendiri pendidikan formal bisa dikategorikan berdasarkan basis keagamaan dan non-keagamaan, contohnya adalah Sekolah Islam Terpadu (SIT). SIT ini merupakan sekolah yang menerapkan konsep pendidikan islam dengan berdasarkan hadits dan Al-Qur’an. Sehingga dalam implementasinya, pembelajaran dilakukan melalui pendekatan yang mengintegrasikan pendidikan agama dan umum menjadi satu kesatuan yang terangkum dalam kurikulum, dan ujung tombak keberhasilan penerapan kurikulum terpadu ini adalah guru. Artikel ini disusun menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi dengan subjek guru Fisika di salah satu International Islamic School di Jakarta. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan lembar analisis perangkat pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana persepsi guru terkait kewajiban guru dalam menanamkan karakter islami kepada peserta didik dan bagaimana cara guru menanamkannya. Hasil penelitian yang diperoleh ternyata guru berpendapat bahwa menanamkan karakter islami pada peserta didik adalah merupakan tanggungjawab setiap guru. Penanaman karakter islami dilakukan oleh guru melalui motivasi di sela-sela pembelajaran, namun untuk model dan metode pembelajaran, sumber belajar, ataupun jenis asesmen yang digunakan masih belum diperuntukkan untuk penanaman karakter islami kepada peserta didik.


Keywords


Sekolah Islam Terpadu; SIT, Studi Etnografi; Karakter Islami; Guru Fisika

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Awaluddin, R. (2020). Penumbuhan Karakter Islami Melalui Pembelajaran Fisika Berbasis Integrasi Sains-Islam dengan Model POE2WE. 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/zbkpn

Darmadi, H. (2014). Metode penelitian pendidikan dan sosial : (teori konsep dasar dan implementasi) (1st ed.). Alfabeta.

Fahruddin, Z. (2022). Dampak Guru Berlatarbelakang Pendidikan Berbeda dalam Keberhasilan Belajar Siswa. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 17–23. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v1i1.160

Kunandar. (2013). Penilaian autentik : (penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013). RajaGrafindo Persada.

Kurniawan, H., & Ariza, F. N. (2020). Sekolah Islam Terpadu: Perkembangan, Konsep, Dan Implementasi. Ittihad, IV(1), 81–88. https://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id

Majid, A. (2011). Pendidikan karakter perspektif Islam (1st ed.). Remaja Rosdakarya.

Marzali, A. (2015). Antropologi & Kebijakan Publik (3rd ed.). Prenada Media.

Mujizatullah. (2018). Pengintegrasian Pendidikan Karakter Keagamaan pada PembelajaranHakikat Ilmu Fisika dan Keselamatan Kerja di LaboratoriumMadrasah Aliyah Puteri Aisyiah di Palu. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 116–128.

Musrifah, M. (2016). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Jurnal Edukasia Islamika, 14(01), 78–90. https://doi.org/10.53649/jutau.v14i01.309

Sutisna, A. (2013). Etnografi Sebagai Penelitian Kualitatif. 1–31. http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BAHASA_DAERAH/197607312001121-ADE_SUTISNA/Tinjauan_Ringkas_Etnografi_Sebagai_Metode_Penelitian_Kualita.pdf

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahyuningtiyas, I. (2019). Upaya Pembentukan Karakter Islami Siswa Melalui Kegiatan Spiritual Camp Di MAN Bondowoso. Islamic Akademika, 1–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.15762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).