IMPLEMENTASI NILAI INTI DAN DAMPAKNYA PADA LEMBAGA PENDIDIKAN

Carolus Patampang(1*), Goretta Goretta(2), Frans Fandy Palinoan(3)

(1) STIKPAR Toraja
(2) STIKPAR Toraja
(3) STIKPAR Toraja
(*) Corresponding Author

Abstract


Studi kualitatif ini dimaksudkan untuk menemukan dinamika implementasi nilai inti di persekolahan. Penerapan nilai inti merupakan hal yang sangat penting karena akan memberikan kepastian keberlangsungan sebuah organisasi, termasuk persekolahan. Proses pengumpulan data dilaksanakan melalui proses focus group discussion yang melibatkan 12 orang kepala sekolah dan 28 orang guru. Berdasarkan informasi yang diperoleh, proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dilaksanakan. Bertitik tolak dari dampak yang diperoleh dan pengakuan dari berbagai pihak, penelitian ini menggaris bawahi pentingnya peran nilai inti dalam sebuah persekolahan. Nilai ini menjadi dasar dan tujuan pelaksanaan pendidikan di setiap persekolahan. Selain itu, studi ini menegaskan pentingnya penyiapan sebuah skenario implementasi nilai di setiap sekolah sekaligus kehadiran sebuah standar operasional prosedur yang mengikat seluruh pihak yang terlibat. Akhirnya, studi ini menggambarkan pendidikan yang berbasis penguatan karakter dapat menjadi sebuah alternatif pengembangan sebuah sekolah


Keywords


Nilai; Nilai Inti; Lembaga Pendidikan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anwar, Jamil & Hasnu, SAF. (2013). Ideology, Purpose, Core Values and Leadership: How they influence the Vision of an Organization?. International Journal of Learning and Development. 3. 168. 10.5296/ijld.v3i3.3642.

Buchko, Aaron. (2007). The effect of leadership on values-based management. Leadership & Organization Development Journal. 28. 36-50. 10.1108/01437730710718236.

Byrtek, G. J., & Dickerson, M. (2013). Actualizing Organizational Core Values: Putting Theory into Practice. Business Management Dynamics, 3(2), 7–25.

Deng, Z., Zou, Y., & Mao, J.-Y. (2018). Unconventional internationalization of Huawei: The role of core values. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-76306-4_13

Dokumen Konsili Vatikan II. Gravissimum Educationis: Deklarasi tentang Pendidikan Kristen.

Konferensi Waligereja Indonesia. (2004). Nota Pastoral KWI tentang Keadaban Publik: Menuju Habitus Baru sebuah Bangsa. Jakarta: Konferensi Waligereja Indonesia.

Konferensi Waligereja Indonesia. (2008). Nota Pastoral KWI tentang Pendidikan. Lembaga Pendidikan Katolik: Media Pewartaan Kabar Gembira, Unggul dan Lebih Berpihak kepada yang Miskin. Jakarta: Konferensi Waligereja Indonesia.

Manohar, S., & Pandit, S. R. (2013). Core Values and Beliefs: A Study of Leading Innovative Organizations. Journal of Business Ethics, 125(4), 667–680. https://doi.org/10.1007/s10551-013-1926-5

Mote, G. (2016). Include “tell me first” guideline in core values. Corridor Business Journal, 13(18), 17.

Nistor, R. L., & M?lu?an, D. (2017). The Core Values Determine the Effect of Achieving High Performance. Managerial Challenges of the Contemporary Society, 10(2), 80–86.

Pillastrini, P., Bertozzi, L., Chiari, P., Morsillo, F., Semprini, A., Valente, D., & Sansoni, J. (2008). University education of health professionals: “Core Values” as a valid instrument for evaluating performance values in future practice. Professioni Infermieristiche, 61(3), 131–138.

Yayasan Paulus Makassar. (2019). Nota Yayasan (Nilai Inti dan Rencana Strategis Periode 2019 – 2024). Makassar: Yayasan Paulus Makassar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.15737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).