KEPEMIMPINAN INOVATIF KEPALA SEKOLAH SMAN 106 JAKARTA TIMUR

Rosalina Dewi Heryani(1*), Endang Sulistyaniningsih(2), Ayi Ahmad Maulana Yusuf(3), Suhendra Suhendra(4), Surata Surata(5)

(1) Universitas Indraprasta PGRI <br/> Universitas Pakuan
(2) Universitas Indraprasta PGRI <br/> Universitas Pakuan
(3) Universitas Indraprasta PGRI <br/> Universitas Pakuan
(4) Universitas Pakuan
(5) SMAN 106 JakartaTimur
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian dilakukan untuk mengetahui kepemimpinan inovatif kepala sekolah di SMAN 106 Jakarta Timur. Penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan observasi langsung, wawancara mendalam, dokumentasi, dan trianggulasi. Instrument penelitian yaitu peneliti itu sendiri, dengan informan kepala sekolah. Berdasarkan hasil wawancara dan pengolahan data kualitatif, maka peneliti simpulkan bahwa kepemimpinan inovatif sudah diterapkan di SMAN 106 Jakarta Timur. Hal ini dapat dilihat dari ketercapaian dan tercermin dalam indikator kepemimpinan inovatif antara lain konstruktif, kreatif, delegatif, integratif, rasional, objektif, pragmatis, keteladanan, disiplin, adaptabledan fleksibel. Dalam menjalankan tugasnya kepala sekolah sudah melibatkan, memberdayakan, menciptakan ide-ide baru dan mencoba merangkul seluruh warga dan elemen yang ada di sekolah. Selain itu memberikan keteladanan dengan tindakan nyata dalam mengemban tugas dan kewajibannya sehari-hari di sekolah. Model pengelolaan pendidikan yang dijalankan yaitu kombinasi antara evolusioner dan revolusioner yang disesuaikan dengan konteks dan situasinya. Kepala sekolah juga telah mengimplementasikan kedua model tersebut dalam proses kegiatan belajar dan mengajar di sekolah

 


Keywords


Kepemimpinan Invovatif; Kepala Sekolah; SMAN

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Candra, R., Rahayu, E. S., & Putra, N. M. D. (2020). Development of Science Module SETS Approach to Strengthen Cognitive Learning Outcomes of Elementary School Students. Journal of Primary Education, 9(3), 248–257. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i3.37713

Chalim, A. S., Hartono, D., & Munawaroh. (2012). Urgensi Kepemimpinan Inovatif Menyiapkan Sekolah Bernuansa Islam Tetap Eksis di era globalisasi. 1–96.

Chandra, Situmorang, M., & Situmeang, M. (2020). The Influence of Principal Managerial Competencies and Interpersonal Communication on Teachers Performance in Samanhudi Tanjung Pura Private Senior High School. 384(Aisteel), 574–577. https://doi.org/10.2991/aisteel-19.2019.129

Desfitawarni, Syamsurizaldi, S., & Fatimah, F. (2022). Kepemimpinan Inovatif Walikota Payakumbuh Dalam Membangun City Branding “Payakumbuh, The City of Randang.” Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik, 8, 138–155.

Djafri, N., Arwildayanto, A., & Suking, A. (2020). Manajemen Kepemimpinan Inovatif pada Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Merdeka Belajar Era New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1441–1453. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.901

Ekosiswoyo, R. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan secara Sistematis. IIlmu Pendidikan, 76–82. https://media.neliti.com/media/publications/113918-ID-kepemimpinan-kepala-sekolah-yang-efektif.pdf

Hartono, H. D., & Kepemimpinan, U. (2020). H. Djoko Hartono , Urgensi Kepemimpinan …. Ta’dib : Volume 18 No 1 ( Jan- Juni 2020 ). 18(1), 73–97.

Kajian, J., Kependidikan, P., Thasbikha, S. A., Bafadal, I., & Sumarsono, R. B. (2022). Kepemimpinan Inovatif Kepala Sekolah dalam Manajemen Pembelajaran Online Efektif. 7, 18–26.

Safitri, J., & Prasetyo, M. A. M. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Inovatif Dan Iklim Sekolah Terhadap Mutu Layanan Pendidikan. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 28–41. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2248

Setiani, A. (2020). Efektivitas Proses Belajar Aplikasi Zoom di Masa Pandemi dan Setelah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2, 523–530. http://www.academia.edu/download/64015904/M Darul Aksan F.pdf

Suyitno, S. (2021). Kepemimpinan Inovatif dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4245–4253. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1432




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.15537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).