ANALISIS KEBUTUHAN E-MODUL MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMAN 5 KOTA DEPOK

Deden Ibnu Aqil(1*), Rohma Indrawati(2), I Made Astra(3), Sisean Baga(4)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) SMA Negeri 5 Depok
(3) Universitas Negeri Jakarta
(4) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber bahan ajar materi perubahan lingkungan pada pelajaran Biologi kelas X SMA khususnya di SMAN 5 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Analisis penelitian ini bersifat deskriptif dengan instrumen data diambil dari hasil wawancara dengan 3 orang guru dan angket terhadap 90 siswa kelas X IPA SMAN 5 Kota Depok. Hasil analisis kebutuhan didapat bahwa 98 % siswa menyenangi pembelajaran dengan adanya media, 93 % Siswa memerlukan sumber  belajar lain selain dari buku ajar, 97.8 % Siswa memerlukan sumber belajar lain yang dapat dipelajari secara mandiri, 51 % Siswa belum pernah memanfaatkan modul elektronik (e-modul) dalam belajar, 88.9 % siswa ingin tahu dan mencoba  belajar menggunakan e-modul berbasis aplikasi dalam pembelajaran perubahan iklim. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa perlunya dikembangkan bahan ajar berupa e-modul pada materi perubahan lingkungan

 


Keywords


Analisis Kebutuhan; E-Modul; Perubahan Lingkungan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andani, Dika T., & Yulian, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Electronic Book Menggunakan Software Kvisoft Flipbook Pada Materi Hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2(1): 1-6.

Fadli, A., Suharno., & Musadad, A. A. (2017). Deskripsi Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Role Play Game Education Untuk Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan. 52-57

Irwandani, I. (2015). Pengaruh model pembelajaran generatif terhadap pemahaman konsep fisika pokok bahasan bunyi peserta didik MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni, 4(2), 165-177.

Karnando, J., Rezki, I., & Tasrif, E. (2021). Efektivitas E-Modul Berbasis Project Based Learning Selama Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Vokasi Informatika, 1(1), 1 - 5.https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.17

Macdonell, C. (2007). Project Based Inquiry Units for Young Children: First Steps to Research for for Grades Pre-K-2. Ohio: Linworth Publishing, Inc.

Mahfud & Wulansari, Aprilya. (2018). Penggunaan Gadget Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif. Seminar Nasional Pendidikan III 2018 (Pendidikan AkuntansiFKIPUMS). https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/10214

Marlina, R., Hardigaluh, B., & Yokhebed, Y. (2015). Pengembangan modul pengetahuan lingkungan berbasis potensi lokal untuk menumbuhkan sikap peduli lingkungan mahasiswa pendidikan biologi. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(1), 94-99.

Nugroho, P. A., & Puspitasari, Y. D. (2019). Pengembangan modul praktikum pencemaran lingkungan berbasis inkuiri terbimbing berkolaborasikan video untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dan hasil belajar mahasiswa. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 3(2), 42-61

Peniati, E. (2012). Pengembangan modul mata kuliah strategi belajar mengajar IPA berbasis hasil penelitian pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1).

Santosa, A. S. E., Santyadiputra, G. S., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan e-modul berbasis model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran administrasi jaringan kelas XII teknik komputer dan jaringan di SMK TI Bali global Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 1-11.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.15518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).