POLA KERJASAMA KEPALA SEKOLAH DENGAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING SEKOLAH ISLAM SWASTA (STUDI KOMPARASI SMP ISLAM AL-HADI MOJOLABAN DAN SMP ISLAM NURUSSALAM AL-KHOIR SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2022/2023)

Nur Ayu Safitri(1*), Mohamad Ali(2), Moh Zakki Azanin(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pola kerjasama kepala sekolah dengan komite sekolah dalam meningkatkan daya saing sekolah islam swasta serta dampak terhadap mutu di SMP Islam Al-Hadi Mojolaban dan SMP Islam Nurussalam Al-Khoir Sukoharjo Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitiannya ialah kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, dan, dokumentasi. Analisisnya melalui tiga cara: reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil kesimpulan penelitian ini ialah: (1) pola kerjasama kepala sekolah dengan komite sekolah dalam meningkatkan daya saing sekolah islam swasta di SMP Islam Al-Hadi dikatakan sangat efektif berdasarkan indikator pola pembentuk kerjasama meliputi: saling mendukung dan percaya, berfikir kreatif dan inovatif, komunikasi yang intens, kemampuan menyelesaikan masalah, saling menguntungkan, serta bersikap suportif dan kompak. Pola kerjasama sangat efektif antara kepala sekolah dengan komite sekolah di SMP Islam Al-Hadi Mojolaban sangat berdampak terhadap mutu dan kualitas.(2)Pola kerjasama kepala sekolah dengan komite sekolah dalam meningkatkan daya saing sekolah islam swasta di SMP Islam Nurussalam Al-Khoir Sukoharjo memiliki pola kerjasama cukup efektif, karena hanya ditemukan tiga indikator perilaku yakni: saling mendukung dan percaya, berpikir kreatif dan inovatif, serta komunikasi yang intens. Pola kerjasama kepala sekolah dengan komite sekolah di SMP Islam Nurussalam Al-Khoir Sukoharjo yang cukup efektif belum berdampak terhadap perbaikan mutu dan kualitas sekolah


Keywords


Pola kerjasama; Kepala Sekolah; Komite Sekolah

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ali, M. (2018). Pedoman Penulisan Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam. Surakarta: PAI UMS.

Hasbullah. (2010). Otonomi Daerah (Kebijakan Otonomi Daerah dan Implementasi Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan). Depok: Raja grafindo Persada.

Isnaini, Aunurrahman, & Suib, M. (2014). Kerjasama Komite Dan Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMA Negeri 1 Batu Ampar. Khatulistiwa: Jurna Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1).

Kompri. (2014). Manajemen Sekolah: Teori dan Praktik. Bandung: Alfabeta.

Mistaruddin. (2021). Kerjasama Komite Dan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Aliyah Negeri di Kota Banda Aceh. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 3(1), 1–16.

Mulyasa, E. (2006). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nesia, A. (2014). Dasar-Dasar Hubungan Masyarakat. Tangerang: Graha Ilmu.

Nuzula, W. F. (2016). Peran Komite Sekolah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah ( Studi Multi Kasus di MTs Ma’arif NU Kota Blitar dan SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung). Tulungagung: UIN SATU Tulungangung.

Sulasmi, S. (2009). Peran Variabel Perilaku Belajar Inovatif, Intensitas Kerjasama Kelompok, Kebersamaan Visi Dan Rasa Saling Percaya Dalam Membentuk Kualitas Sinergi. EKUITAS, 13(2).

Suriansyah, A. (2015). Manajemen Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat. Depok: Raja grafindo Persada.

Tholkhah, I. (2016). Strategi Peningkatan Daya Saing Madrasah; Studi Kasus Madrasah Ibtidaiyah Negeri Madiun. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 14(2).

Umayah, S. (2015). Upaya Guru dan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Daya Saing Madrasah. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 7(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.15120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).