PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN TERPADU BERBASIS ACTIVE DEEP LEARNER EXPERIENCE (ADLX) DAN KARAKTER RELIGIUS TERHADAP SIKAP BERGOTONG–ROYONG SISWA

Isnawati Isnawati(1*), Amprasto Amprasto(2), Sardjijo Sardjijo(3)

(1) Universitas Terbuka
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Terbuka
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan riset ini adalah guna menganalisis dampak pendekatan TERPADU Berbasis ADLX terhadap sikap bergotong royong; Untuk menganalisis pengaruh karakter religius terhadap sikap bergotong royong; dan Untuk menganalisis pengaruh interaksi pendekatan TERPADU Berbasis ADLX dan Karakter Religius terhadap sikap bergotong royong. Jenis riset yang dipakai yaitu dengan pendekatan kuantitatif, Metode yang dipakai adalah pendekatan eksperimen semu dengan menggunakan desain faktorial 2 X 2. Temuan riset ini adalah: 1) Pendekatan pembelajaran terpadu ADLX berpengaruh signifikan terhadap sikap kooperatif siswa SDIT Ibadurrahman. Akuisisi Sig adalah buktinya. 0,024 < 0,05 dan Fhitung = 5,409 > 3,15 2) Disposisi religius berpengaruh sangat signifikan terhadap sikap kooperatif siswa SDIT Ibadurrahman. Akuisisi Sig adalah buktinya. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 34,395 > 3,15 3) Metode pembelajaran ADLX INTEGRATED dan disposisi religius tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap kooperatif siswa SDIT Ibadurrahman. Akuisisi Sig adalah buktinya. 0,514 > 0,05 dan Fhitung = 0,432 < 3,15. Dimana interaksi antara pendekatan pembelajaran TERPADU ADLX dan Karakter Religius mempunyai nilai rata-rata tertinggi yaitu 64,86.


Keywords


Karakter Religius; Bergotong-royong; ADLX

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anas, S., & Alkrienciehie, I. (2013). Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: CV Pustaka Setia.

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahgat, M., Elsafty, A., Shaarawy, A., & Said, T. (2018). FIRST Framework Design and Facilitate Active Deep Learner Experience. Journal of Education and Training Studies, 6(8), 123–138.

Budiastra, I. N., Jayamiharja, I. M. H., & Negara, I. G. A. M. (2012). Rancang Bangun Alat Ukur Kadar Alkohol Pada Minuman Berbasis Mikrokontroler AT89S51. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 8(1).

Kemendiknas, R. I. (2010). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jakarta: Kemendiknas.

Kunandar, K. (2013). Penilaian autentik (Penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.

Laela, K., & Arimbi, P. A. (2021). Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Pembiasaan Shalawat dan Asmaul Husna di SDN 2 Setu Kulon. Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society, 5, 432–439.

Lailie, N., & Dewi, G. K. (2022). Pengaruh Pembelajaran Active Deep Leaner Experience (ADLX) Terhadap Hasil Belajar Siswa SDIT Permata Mulia Mojokerto. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 7(1), 22–25.

Muhab, S. (2017). Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu. Edisi Keempat. Jakarta: JSIT Indonesia.

Mulyani, D., Ghufron, S., & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 225–238.

Mustari, M., & Rahman, M. T. (2014). Nilai karakter: refleksi untuk pendidikan. Depok: Rajawali Pers.

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Puspita, A. M. I., & Setyaningtyas, D. (2022). Pengembangan Media POP-UP BOOK Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Gotong Royong. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 915–922.

Rahmawati, F. P., & Utami, R. D. (2015). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Model pembelajaran" Berkat Anang" di Sekolah Dasar.

Sardiman, A. M. (2020). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soeharno, I. N. (2021). Membentuk Karakter Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Steinhauer, N., Kulhanek, K., Antúnez, K., Human, H., Chantawannakul, P., & Chauzat, M.-P. (2018). Drivers of colony losses. Current Opinion in Insect Science, 26, 142–148.

Subagyo, S. (2012). Pengembangan nilai dan tradisi gotong royong dalam bingkai konservasi nilai budaya. Indonesian Journal of Conservation, 1(1), 61–68.

Subini, N. (2012). Panduan mendidik anak dengan kecerdasan di bawah rata-rata. Yogyakarta: Javalitera.

Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Supardi, U. S. (2013). Aplikasi statistika dalam penelitian edisi revisi. Jakarta: Smart.

Suryohadiprojo, S. (2016). Budaya Gotong Royong Dan Masa Depan Bangsa. Jakarta: Kompas.

Yuliana, E. T., & Sunarti, S. (2022). Penerapan Pendekatan Pembelajaran TERPADU pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT). Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 496–501.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.15091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).