PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE (TTS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 35 BEKASI

Sekar Tri Hapsari(1*), Eka Putri(2)

(1) 
(2) Univeritas Panca Sakti
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini mengungkapkan Pengaruh Media Pembelajaran Crossword Puzzle (X)  terhadap Motivasi Belajar Siswa (Y) pada mata pelajaran IPS, dengan melihat hasil tanggapan yang di berikan oleh responden. Penelitian ini berjenis kuantitatif, suvey adalah metode yang digunakan, menyebar kuesioner juga di lakukan dokumentasi sebagai pengumpulan data, skala likert di gunakan sebagai alat ukur instrumen penelitian, aplikasi SPSS Ver.20.0 digunakan dalam pengolahan data, analisis yang di gunakan adalah regresi linear sederhana. 82 siswa kelas VII di SMP Negeri 35 Bekasi adalah sampel penelitian yang di dapat menggunakan tehnik simple ramdom sampling. Penelitian ini memiliki ketetapan, sebagai berikut: Hasil uji parsial (uji-T) di dapatkan nilai T-hit = 20,401 > nilai T-tab = 1,990 maka  di tolak, artinya memiliki pengaruh media pembelajaran crossword puzzle (X) terhadap motivasi belajar siswa (Y). Sedangkan presentase pengaruh variabel X  terhadap variabel Y yang di sebut dengan koefisien determinasi (R-Square) sebesar 0,839, artinya bahwa pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa sebesar 83,9%. Terkait data hasil penelitian yang diperoleh, terlihat bahwa media pembelajaran crossword puzzle berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa.


Keywords


Media; Crossword Puzzle; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Emda, Amna. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Jurnal. Vol. 5 No. 2.

Hamzah, B. Uno. (2007). Teori Motivasi & Pengukurannya: Kajian & Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Https://www.havefunteaching.com/wp-content/uploads/2013/06/antonym-crossword-puzzle-600x776.jpg . Gambar TTS diakses pada 02 Mei 2022.

Kemdikbud. (2021). Keputusan Bersama 4 Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Url: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/12/keputusan-bersama-4-menteri-tentang-panduan-penyelenggaraan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19 . Diakses pada 17 April 2022.

Kiyat, Y. & Rista, N. (2021). Pengaruh Kinerja Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh selama Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 20 Bekasi. Jurnal Ilmiu Pendidikan Ahlussunnah, IV(2), 304–314.

Kusumaningrini, D. L., & Sudibjo, N. (2021). The FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI ERA PANDEMI COVID-19. Akademika, 10(01), 145–161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271

Magdalena, I. D. (2013). Desain Pembelajaran SD. Sukabumi: CV Jejak.

Pamungkas, W. (2019). Keefektifan Model Group Investigation Berbantu Media Crossword Puzzle Ditinjau dari Minat dan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas V SDN Harjosari LOR 02 Kabupaten Tegal. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Rahmawati, Rima. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Piyungan pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Sadirman. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Dan Kemampuan Berkomunikasi Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Dinamika Pendidikan, 1(2), 10–35.

Said, A. & Andi Budimanjaya. (2017). 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Sanaky, Hujair. (2013). Media Pembelajaran Interaktif - Inovatif. Yogyakarta: Kaubaka Dipantara.

Silvia, N. R. (2018). Hubungan bimbingan belajar di rumah oleh mentor dengan minat belajar matematika siswa.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni. (2015). Akuntansi Biaya Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sumartiningtyas, H. K. N. (2021). Presiden Jokowi Minta Masyarakat Hidup Berdampingan dengan Covid-19, Apa Maksudnya?. Url : https://www.kompas.com/sains/read/2021/09/16/170100623/presiden-jokowi-minta-masyarakat-hidup-berdampingan-dengan-covid-19-apa?page=all. Diakses pada 17 April 2022.

Wiratna, S. (2019). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.14932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).