REVITALISASI TAHAP PRAPENULISAN DALAM PENULISAN ILMIAH
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pentingnya penguatan kembali pelaksanaan tahap prapenulisan dalam proses penulisan ilmiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif melalui analisis deskriptif. Penelitian dilakukan kepada 287 mahasiswa yang aktif mengikuti perkuliahan mata kuliah Penulisan Ilmiah pada Maret hingga Juli 2022. Penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 56,4% responden mengaku memiliki minat dalam mengikuti perkuliahan Penulisan Ilmiah karena mereka merasa penulisan ilmiah tidak lagi menjadi hal yang sulit dan rumit. Sebanyak 54,5% menyatakan memiliki pemahaman yang sebesar setelah mengikuti mata kuliah Penulisan Ilmiah yang menitikberatkan pada tahap prapenulisan dalam prosesnya. Selain itu, sebanyak 51,2% menyatakan proses prapenulisan dapat sangat mempermudah mereka dalam menyusun karya ilmiah. Berdasarkan hal ini, maka dapat disimpulkan bahwa revitalisasi tahap prapenulisan dalam penulisan ilmiah merupakan tahap yang sangat penting dan perlu untuk dititikberatkan dalam pengajaran penulisan ilmiah di tingkat universitas demi mempermudah pemahaman mahasiswa dalam menyusun karya ilmiah
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Almilia, L. S. (20229). Workshop dan Klinikal Penulisan Jurnal.
Amaliyah, R. (2021). Publikasi Bagi Mahasiswa, Pentingkah?. Retrieved September 20, 2022, from Unpas: https://www.unpas.ac.id/publikasi-ilmiah-bagi-mahasiswa-pentingkah/
Anam, A. K., & Rosadi, N. (2016). Bahasa Indonesia Masa Kini: Untuk Mahasiswa Kekinian. Tangerang: PT Pustaka Mandiri.
Dewi, P. K., Rizal, M. S., Ardhian, D., & Hardinata, V. (2017). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah berbasis Penelitian Tindakan Kelas pada Guru SMP. ABDI : Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 7-17. doi:https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p7-17
Ekayanti, N. W. (2017). Persepsi Penulisan Artikel Ilmiah pada Guru Pembina Olimpiade IPA. Emasains, 6(2), 147-152. doi:https://doi.org/10.5281/zenodo.3534580
Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 128-135. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um050v1i2p128-135
Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Wilayah Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 207-212. doi:https://doi.org/10.35568/abdimas.v3i1.546
Winarto, A. (2020). Persepsi dan Perilaku Mahasiswa dalam Penelitian Ilmiah Ilmu Teologi. SOLA GRATIA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika, 1(1), 68-81. doi:https://doi.org/10.47596/solagratia.v1i1.101.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.14916
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).