KEGIATAN MARKET DAY SEBAGAI UPAYA UNTUK MEMUPUK KREATIVITAS DAN JIWA WIRAUSAHA SISWA DI TK ISLAM AL-AZHAR BUKITTINGGI

Emzia Fajri(1*), Chairul Haq(2), Muhammad Sidiq(3), Febrian Martha(4)

(1) 
(2) Institut Seni Indonesia Padang Panjang
(3) Institut Seni Indonesia Padang Panjang
(4) Institut Seni Indonesia Padang Panjang <br/> SMA N 1 Pariangan
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang kreativitas siswa dan penanaman jiwa berwirausaha siswa TK Al-Azhar Bukittinggi melalui kegiatan market day. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini mempergunakan metode kualitatif. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah studi literatur, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini akan dipandu oleh teori-teori nilai kreativitas dan kewirausahaan. Nilai kreativitas yang muncul dari kegiatan market day adalah sebagai berikut, memiliki rasa ingin tahu yang besar, sering mengajukan pertanyaan yang berbobot, memberikan banyak gagasan dan usulterhadap suatu masalah, mampu menyatakan pendapat secara spontan dan tidak malu-malu, mempunyai atau menghargai rasa keindahan, mempunyai pendapat sendiri dan dapat mengungkapkannya, tidak mudah terpengaruh oleh orang lain, memiliki rasa humor yang tinggi, mempunyai daya imajinasi yangkuat, dapat bekerja sendiri, dan mampu mengembangkan ataumerinci suatu gagasan (kemampuan elaborasi). Nilai kewirausahaan yang dapat dipupuk dengan kegiatan market day adalah sebagai berikut; mandiri, kreatif, berani mengambil risiko, kepemimpinan, kerja keras, jujur, disiplin, inovatif, tanggung jawab, kerja sama hubungan dengan orang lain dalam melaksanakan tindakan, dan pekerjaan

 


Keywords


Market Day; Nilai Kreativitas; Kewirausahaan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Chandra, R. I. (2006). Pendidikan Menuju Manusia Mandiri. Bandung: Generasi Infomedia.

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.

Fardah, D. K. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Jurnal Kreano, 3(2), 1–10.

Lasmini, L., & Windarsih, C. A. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Kecerdasan Intrapersonal Melalui Kegiatan Market Day. CERIA (Cerdas Energik …, 3(5), 432–438. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/4711

Mashud, I. (2016). Membangun Jiwa Wirausaha Siswa Melalui Kegiatan Jual Beli (Analisis Kegiatan Market Day Sekolah Dasar Islam YAKMI Kota Tangerang ). Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 501–510. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/8970/6530

Muliana, Mayangsari, M. D & Tanau, M. U. (2020). Hubungan antara Persepsi Terhadap Selera Humor Guru Matematika dengan Minat Belajar Matematika Pada Peserta Didik di SMP Negeri 2 Martapura. Journal Kognisia, 3(1), 131–134.

Saugi, W., Sundari, I., & Agustiah, A. (2020). Penanaman Karakter Kewirausahaan Di TK Alam Al-Azhar Kutai Kertanegara. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 9. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i1.2379

Zein, R., & Maielfi, D. (2020). Penerapan keterampilan bertanya mahasiswa untuk stimulasi keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTs) anak TK. A?f?luna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v3i1.1644

Zultiar, I., & Siwiyanti, L. (2017). Menumbuhkan Nilai Kewirausahaan Melalui Kegiatan Market Day. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi, 6(11), 13–30.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.14895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).